Kolaborasi BSI dan Dubai Islamic Bank Kembangkan Produk Berbasis Syariah

Beritakota.id, Jakarta - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dan Dubai Islamic Bank (DIB) menjajaki kerja sama penerbitan sukuk global, pelatihan dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM), serta pembiayaan pengembangan produk berbasis syariah.

Penjajakan kerja sama dan pengembangan bisnis dibicarakan dalam pertemuan antara Direktur Utama BSI, Hery Gunardi dan Group Chief Executive Officer (CEO) Dubai Islamic Bank, Adnan Chilwan di Jakarta, Rabu (3/3).

Pada pertemuan yang penuh kehangatan, Adnan Chilwan menyampaikan ucapan selamat atas kehadiran BSI per 1 Februari 2021. Sosok bankir yang telah berkarier lebih dari dua dekade di perbankan konvensional dan syariah ini, tak bisa menyembunyikan rasa senangnya karena dapat mengetahui langsung potensi serta segala hal mengenai BSI sebagai bank syariah terbesar di negara ini.

"Kehadiran BSI penting untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan syariah di dunia, khususnya Indonesia," kata Adnan Chilwan dalam keterangan resminya. Adnan Chilwan, eksekutif yang selama ini dikenal konsisten mendorong pengembangan keuangan syariah, menawarkan beberapa kerja sama kepada BSI, meliputi sukuk global, peningkatan kapasitas SDM dan pelatihan di bidang manajemen risiko (risk management), pengembangan produk, serta kerja sama struktur pembiayaan bagi pengembangan produk berbasis syariah.

Adnan berharap ke depan banyak kontribusi yang diberikan BSI bagi umat. “Kami sangat senang dengan kunjungan ini dan siap bersinergi serta menawarkan beberapa hal kerja sama lainnya. Dubai Islamic Bank adalah partner bagi BSI,” ujar Adnan Chilwan.

Kunjungan Adnan Chilwan ke kantor pusat BSI terwujud di sela penyelenggaraan Indonesia Emirates Amazing Week 2021 (IEAW) pada 1-7 Maret 2021 yang difasilitasi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Abu Dhabi.

Dalam pertemuan tersebut, hadir Head of International Business & RE Investments Dubai Islamic Bank Anwar Belgaumi, Duta Besar RI untuk Abu Dhabi Husin Bagis, Atase Keuangan KBRI Abu Dhabi Boby Wahyu Hernawan, perwakilan Kementerian Luar Negeri, dan jajaran direksi BSI.

Belum Tergarap Maksimal Menyambut apresiasi dan kunjungan Adnan Chilwan, Direktur Utama BSI, Hery Gunardi mengungkapkan, potensi pengembangan bisnis perbankan dan keuangan syariah di dunia, khususnya Indonesia, masih sangat besar.

Tetapi potensi tersebut belum tergarap maksimal. Karena itu, Hery berharap pertemuan BSI dengan perwakilan Dubai Islamic Bank Group dapat menjadi titik awal bagi terbentuknya sinergi dan kolaborasi untuk pengembangan bersama industri keuangan dan perbankan syariah ke depan.

“Kami sangat menghargai tawaran kerja sama dari Dubai Islamic Bank, termasuk kami perlu belajar dari Dubai Islamic Bank dalam mengembangkan pembiayaan untuk pengembangan produk," tutur dia.

Tawaran tersebut, menurut Hery Gunardi, merupakan peluang besar bagi manajemen BSI untuk memulai perjalanan mewujudkan visi dan misi membawa BSI sebagai salah satu bank syariah terbesar di dunia yang berdampak positif bagi kemaslahatan umat.

"Bersama Dubai Islamic Bank, kami yakin ke depannya pengembangan industri keuangan dan perbankan syariah bisa semakin maksimal dilakukan. Hal ini tentu akan membawa banyak dampak positif terhadap masyarakat, baik di dunia maupun di Indonesia, khususnya,” papar dia.

Penulis: Akmal

Baca Juga