Gandeng ITB, KemenkopUKM Akan Siapkan Basis Data Tunggal UMKM

Kementrian Koperasi dan UKM sepakat melakukan kerjasama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) dalam mendukung program pemberdayaan bidang Koperasi dan UKM yang akan menjadi fokus target pemerintahan Presiden Joko Widodo

Beritakota.id, Bandung - Kementrian Koperasi dan UKM sepakat melakukan kerjasama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) dalam mendukung program pemberdayaan bidang Koperasi dan UKM yang akan menjadi fokus target pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Sekretaris Kemenkop dan UKM Arif Rahman Hakim mengungkapkan hal itu usai melakukan pertemuan dengan Rektor ITB Prof Ir Reuni Wirahadikusumah,PhD di gedung Rektorat ITB di Bandung, Kamis (18/3/2021).

"Kerjasama ini akan dimulai pada tahun 2021 ini dan diharapkan dapat berlanjut di tahun-tahun mendatang dimana saat ini sedang dipersiapkan penguatan kelembagaan dan anggaran Kementerian Koperasi dan UKM dalam rangka mendukung pencapaian target pemerintahan kedepan," kata Arif Rahman Hakim.

Selanjutnya, sebagai payung hukumkerjasama kedua belah pihak perlu segera diselesaikan nota kesepahaman (MoU), dimana dalam masa pandemi Covid-19 penandatanganannya disepakati untuk tidak dilakukan secara seremonial, namun cukup desk to desk dan akan dirilis sebagai bentuk keterbukaan informasi kepada masyarakat.

Arif menjelaskan fokus kerjasama di tahun pertama ini akan dititik beratkan kepada tema kewirausahaan meliputi pengembangan kewirausahaan berbasis teknologi dan model ekosistemnya, penciptaan dan pembinaan mahasiswa wirausaha maupun pembangunan Sistem Online Entrepreneur Potential Assessment.

Tema lain yang akan dikerjasamakan terkait dengan kajian rencana pengembangan TIK dalam rangka mendukung basis data tunggal UMKM.

"Untuk selanjutnya dibuka peluang kerjasama dalam mendukung transformasi usaha informal ke formal, dukungan skema rantai pasok agar terhubung dalam global value chain serta sensus dan survey pendataan UMKM," tambah Arif.

Siap Kerahkan SDM

Sementara itu Rektor ITB Reini Wirahadikusumah menyambut baik rencana kerjasama tersebut sebagai bagian dari kontribusi civitas akademika terhadap bangsa dan negara tentunya dengan mengoptimalkan kekuatan dan peluang yang dimiliki oleh ITB itu sendiri.

"Kerjasama ini diharapkan juga dapat menambah pengalaman dari sumber daya internal yang ada di ITB secara khusus dibidang Koperasi dan UMKM," kata Reini.

Reini menjelaskan, unit unit yang selama ini terlibat di ITB antara lain Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI), School of Business and Management (SBM), UPT Pengembangan SDM dan Lembaga Pengembangan Inovasi & Kewirausahaan (LPIK).

Penulis: Fadli

Baca Juga