Danone Indonesia Dukung UGM Laksanakan Vaksinasi Lansia di Yogyakarta

Beritakota.id, Yogyakarta- Vaksinasi COVID-19 untuk kelompok prioritas seperti lansia telah mulai dilakukan di berbagai kota di Indonesia. Sebagai salah satu usaha menyukseskan program pemerintah tersebut, Danone Indonesia melakukan kemitraan dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) dalam pelaksanaan program vaksinasi lansia di Kota Yogyakarta.

Sebelumnya, Danone Indonesia juga telah melakukan kemitraan bersama Siloam Hospitals Yogyakarta dan Lippo Plaza Yogyakarta dengan mendukung kegiatan vaksinasi lansia pada 12 Maret 2021. Selain di Yogyakarta, Danone Indonesia juga telah mendukung kegiatan vaksinasi lansia di berbagai daerah seperti Jakarta, Banten, Bandung, dan Bali.

Vera Galuh Sugijanto, VP General Secretary Danone Indonesia menjelaskan, Melalui visi One Planet, One Health, sejak awal pandemi, Danone Indonesia telah dan terus memberikan dukungan nyata kepada pemerintah Indonesia dalam mengatasi dampak pandemi.

“Kami ingin turut menyukseskan target pemerintah untuk mencapai 1 juta vaksinasi perhari. Kami bekerjasama dengan berbagai mitra dalam mendukung pelaksanaan vaksin di Indonesia secara cepat dan sistematis. Selain itu, kami pun ingin memastikan kebutuhan hidrasi melalui air minum yang sehat selalu tersedia di setiap lokasi program vaksinasi tercukupi,” jelasnya.

Kegiatan vaksinasi lansia di Yogyakarta salah satunya diselenggarakan oleh Universitas Gadjah Mada dan bertempat di Kampus UGM Yogyakarta pada 20-21 Maret 2021. Vaksinasi ini diharapkan dapat mencapai ribuan lansia yang bertempat tinggal di Yogyakarta dan daerah sekitar.

Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng., IPU, ASEAN Eng., Rektor Universitas Gadjah Mada menjelaskan. “Penanggulangan wabah virus corona di Indonesia harus didukung berbagai pihak sesuai dengan bidang keahlian masing-masing, termasuk dalam babak baru penanggulangan pandemi yaitu vaksinasi ini. Kita harus bisa bergotong-royong, mulai dari melakukan riset unggulan hingga kerjasama untuk mendorong partisipasi publik. Kami sangat menghargai komitmen sektor swasta seperti Danone Indonesia dalam mendukung terlaksananya vaksinasi lansia yang kami adakan.

Dalam pelaksanannya, Danone Indonesia mendukung program vaksinasi dengan memenuhi kebutuhan hidrasi peserta vaksinasi dan tenaga kesehatan melalui produk AQUA, pemberian edukasi nutrisi kepada lansia, maupun mendukung dalam penyediaan alat pelindung diri seperti sarung tangan, masker, baju hazmat, dan hand sanitizer bagi ratusan tenaga kesehatan yang bertugas. Untuk semakin mendorong partisipasi masyarakat terhadap vaksinasi, Danone Indonesia juga rutin melakukan promosi dan penyebaran informasi positif bagi publik melalui sosial media perusahaan.

Selama pandemi COVID-19, Danone di Indonesia telah bekerja sama dengan pemerintah, berbagai lembaga, rumah sakit, maupun organisasi sosial untuk menyalurkan bantuan senilai Rp30 Miliar berupa alat pelindung diri, peralatan medis seperti ventilator dan tempat tidur, bantuan nutrisi dan hidrasi bagi tenaga medis, hingga kelompok rentan. Selanjutnya, Danone Indonesia akan terus menjaga kualitas produk, memberikan bantuan serta bekerja sama dengan berbagai pihak agar dapat berkontribusi dan menggerakkan masyarakat untuk saling jaga mengatasi dampak COVID-19 di Indonesia.

“Setiap lapisan masyarakat, komunitas, hingga sektor swasta harus mendukung program vaksinasi dari pemerintah untuk saling menjaga kesehatan bersama. Kami berharap kontribusi Danone Indonesia dalam hal hidrasi dan nutrisi sehat dapat mendukung kesehatan lansia maupun masyarakat luas.” tutup Vera.

Penulis: Fadli

Baca Juga