Hasil Survei Charta Politika: Prabowo Masih Teratas dan Berpeluang Menang

Prabowo Subianto

Beritakota.id, Jakarta -  Nama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekrar) Sandiaga Uno muncul dalam survei elektabilitas calon presiden yang dirilis Charta Politika Indonesia. Ia disebut unggul di wilayah Sulawesi.

Sandiaga muncul di urutan keempat elektabilitas calon presiden pilihan rakyat di pilpres 2024. Hal itu terungkap dalam rilis hasil survei nasional Evaluasi Kebijakan, Aktivitas Masyarakat dan Peta Politik Triwulan I 2021 yang dilakukan lembaga survei Charta Politika Indonesia, Minggu (28/3).

Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya mengatakan, responden diberi pertanyaan jika pemilihan presiden dilakukan saat ini. Survei tersebut dilakukan dengan simulasi lima nama calon yang akan menjadi presiden Survei menunjukkan, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto berada di urutan pertama dengan 22,2 persen.

Disusul Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan presentase 20 persen dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 14,2 persen. Selain tiga nama tersebut, urutan capres pilihan masyarakat lainnya yakni Sandiaga Uno. Mantan wakil gubernur DKI Jakarta itu memiliki tingkat keterpilihan sebesar 12,7 persen dan Ridwan Kamil 9,2 persen.

"Pilihan terhadap presiden dengan simulasi 5 nama berdasarkan wilayah, Sandiaga Uno sangat unggul di Sulawesi, sementara Ganjar unggul di wilayahnya sendiri yakni Jawa Tengah dan DIY, sementara Anies Baswedan unggul di Banten dan DKI," kata Yunarto.

Kegiatan survei dilakukan melalui wawancara telefon dengan sampel 195.638 responden dipilih secara acak dari kumpulan sampel survei tatap muka langsung yang pernah dilakukan Charta Politika Indonesia dalam rentang 2 tahun terakhir.

Margin of error sekitar 2,83 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Survei dilakukan pada periode 20-24 Maret 2021. Total survei sampel yang berhasil diwawancara sebanyak 1.200 responden warga negara Indonesia berusia minimal 17 tahun atau telah memenuhi syarat pemilih.

Penulis: Akmal

Baca Juga