Menteri Teten Ungkap Pertumbuhan Wirausaha RI Masih Stagnan

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki

Beritakota.id, Jakarta - Tingkat kewirausahaan di Indonesia masih lebih rendah dibandingkan negara-negara tetangga di Asia Tenggara. Tingkat kewirausahaan Indonesia tercatat masih berada di angka 3,47%, di bawah Singapura hampir mencapai 9% atau Malaysia dan Thailand yang hampir mencapai 5%.

Padahal, pemerintah tengah mengejar pertumbuhan wirausaha sebagai syarat jadi negara terbesar keempat di 2045.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengaku diminta Presiden Joko Widodo untuk mengevaluasi pertumbuhan kewirausahaan Indonesia yang mengalami stagnansi di angka 3,47 persen.

"Strategi besarnya bukan nambah ultra mikro makin banyak, tapi harus didorong usaha mikro ini naik, yang kecil dan menengah makin besar. Sektor formal diperbesar sehingga penyerapannya ke mikro akan lebih besar lagi," ucap Teten, Sabtu (27/3/2021) kemarin.

Dia mencatat wirausaha Indonesia sebanyak 98 persen masih didominasi usaha mikro yang pendapatannya di bawah UMR.

Menkop Teten pun berupaya mendorong jumlah wirausaha baru melalui koperasi. Mantan Kepala Staf Kepresidenan ini meminta koperasi untuk hadir menjadi lembaga pembiayaan alternatif di luar perbankan agar memberikan pembiayaan murah dan mudah kepada pelaku UMKM.

"Syaratnya itu minimal jumlah wirausaha kita 4 persen dari jumlah penduduk. Kami juga diminta menaikkan porsi kredit perbankan saat ini di kisaran 19 persen menjadi jauh lebih besar lagi," imbuhnya

Penulis: Fadli

Baca Juga