Rayakan Hari Jadi ke-99, PFI Diminta Aktif dan Inovatif

  • Bagikan
Ketua Umum Perkumpulan Filatelis Indonesia Fadli Zon

Beritakota.id, Jakarta – Perkumpulan Filatelis Indonesia (PFI) genap berusia 99 tahun. Peristiwa sangat bersejarah dari salah satu organisasi pengumpul prangko tertua di Indonesia.

Ketua Umum Perkumpulan Filatelis Indonesia Fadli Zon mengatakan, meski seluruh negeri dilanda Pandemi Covid-19, para filatelis terus mengoleksi tak kenal henti. Dan tak surut untuk merayakan hari bersejarah ini. Untuk memperingati Ulang Tahunnya yang ke-99 hari ini PFI menggelar Syukuran di Gedung Filateli Jakarta.

Fadli Zon yang juga politikus partai Gerindra menegaskan, PFI juga melakukan pembinaan kepada generasi muda Indonesia tentang manfaat mengoleksi prangko.

Hal ini sekaligus dimaksudkan untuk merekrut anggota-anggota baru dari seluruh Indonesia. Atas segala kegiatan yang terus PFI lakukan, maka tak heran jika perayaan ke-99 tahun PFI bertajuk “Filateli tak kenal Henti.”

Tujuan kegiatan merayakan hari lahir PFI ke-99 hari ini yaitu untuk mengenalkan kegemaran mengoleksi (filateli) kepada generasi baru dan mendorong masyarakat Indonesia untuk terus mengoleksi prangko.

“Di hari jadi PFI yang ke 99 ini, saya berharap PFI kian aktif dan inovatif. Meskipun perkembangan teknologi berkirim surat sudah semakin canggih, namun PFI harus tetap dapat memainkan peran pentingnya,”ujar Fadli Zon.

Pada tahun 1969, Indonesia bergabung menjadi anggota Federation International de Philatelie (FIP) yang berkedudukan di Swiss.

Bergabungnya Indonesia ini dilakukan agar para filatelis Indonesia dapat mengikuti setiap perkembangan filateli dunia. Indonesia dan beberapa anggota FIP wilayah asia kemudian membentuk federation of inter–asian philately (FIAP), yang berkedudukan di Singapura tahun 1974, dengan anggotanya terdiri dari Perkumpulan Filateli di wilayah Asia Pasifik.

Sembilan negara pendiri FIAP yaitu Jepang, Iran, Thailand, Singapura, Hongkong, Malaysia, Indonesia, India, dan Vietnam.

Sedangkan kini anggotanya mencapai 10 negara yaitu Indonesia, Singapura, Thailand, India, Hongkong, Australia, Turki, Korea, Malaysia, dan Jepang. Baik sebagai anggota FIP maupun FIAP, Perkumpulan Philatelis Indonesia tiap tahunnya harus membayar Uang Iuran lebih dari Rp 100.000 saat itu.

Dalam perayaan 99 tahun hari ini, PFI menerbitkan benda Filateli Sampul Peringatan HUT Ke-99 PFI denga Cap Peringatan dari 25 Kota di Indonesia dari Aceh sampai Papua.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *