Hari Ini Uji Coba Flyover Cakung

Uji Coba Flyover Cakung Timur, Besok! Simak Perubahan Arus Lalu-Lintas (ilustrasi)/Twitter @DKIJakarta

Beritakota.id, Jakarta -  Dinas Bina Marga DKI Jakarta akan melakukan uji coba flyover Cakung, Jakarta Timur, mulai Senin 19 April 2021 hingga Rabu 21 April 2021 pada pukul 07.00 sampai dengan 22.00 WIB. Uji coba tersebut dilakukan setelah pembangunan Flyover Cakung dinyatakan selesai dan siap dibuka untuk publik.

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Hari Nugroho mengatakan, dengan adanya pengoperasian Flyover Cakung, maka akan diberlakukan Sistem Satu Arah (SSA) pada jalan samping (frontage road) Tol Lingkar Luar Timur.

Lalu lintas di frontage road sisi barat Tol Lingkar Luar Timur diberlakukan satu arah, dari arah selatan (Stasiun Cakung) ke arah utara (arah ke Kantor Wali Kota Jakarta Timur), dan lalu lintas di frontage road sisi Timur Tol Lingkar Luar Timur diberlakukan satu arah dari arah Utara (Terminal Pulogebang) ke arah selatan (Stasiun Cakung).

“Serta Flyover Wali Kota Jakarta Timur juga akan diberlakukan satu arah dari barat ke timur," kata Hari melalui siaran pers Pemprov DKI Jakarta, Sabtu, 17 April 2021.

Hari menambahkan bagi pengguna jalan yang keluar dari Tol Exit Pulogebang tidak diperbolehkan berputar balik ke arah selatan (arah Stasiun Cakung), tetapi lurus untuk kemudian belok kiri ke arah Wali Kota Jakarta Timur atau belok kanan naik ke ramp Flyover Wali Kota Timur ke arah timur.

"Dengan dilakukannya uji coba tahap 1 ini, diharapkan mobilitas pengguna flyover dapat berjalan dengan lancar dan mengurangi kemacetan lalu lintas yang selama ini terjadi di kawasan tersebut," kata Hari.

Hingga saat ini masih terdapat pengerjaan akhir yaitu proses merapikan lahan di sisi Barat flyover Cakung (sisi barat KBT) dan pekerjaan penyempurnaan flyover lainnya.

"Sehingga kami harapkan pada para pengguna jalan untuk mematuhi rambu-rambu lalu lintas yang ada, demi keamanan dan kenyamanan bersama dalam berlalu lintas. Kami juga mengimbau agar warga tidak berswafoto di atas flyover," tutur Hari.

Penulis: Akmal

Baca Juga