MUI Imbau Salat Idul Fitri 1442 Hijriah di Rumah Saja

  • Bagikan
Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI), Amirsyah Tambunan

Beritakota.id, Jakarta – Pemerintah sudah mengizinkan umat Islam jalani salat Tarawih di Ramadan 1442 H di masjid atau musala sesuai dengan penerapan protokol kesehatan.

Namun, Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI), Amirsyah Tambunan mengimbau salat Idulfitri 1442 Hijriah nanti lebih baik dilaksanakan di rumah saja.

Amirsyah berharap masyarakat bijak, karena hingga kini pandemi Covid-19 belum juga selesai. “Salat Idulfitri ini karena akan menimbulkan kerumunan, karena akan menimbulkan kelompok harus kita lebih utamakan keselamatan, supaya tidak menimbulkan penularan klaster baru baru,” kata Amirsyah dalam channel YouTube BNPB, Jumat 23 April 2021.
Selain itu, dia juga meminta masyarakat untuk tidak mudik lebaran dan lebih memilih silahturahmi secara virtual saja.

“Silaturahmi itu mudah dilakukan dengan biaya yang ringan, waktu yang efisien, tidak bermacet-macetan, bisa dengan silaturahmi lewat virtual, misalnya lewat zoom,” jelasnya.

Sebelumnya, Sekretaris Direktorat Jenderal (Sesditjen) Bimbingan Masyarakat (Binmas) Islam Kementerian Agama (Kemenag), Fuad Nasar mengigatkan terkait ketentuan salat tarawih hanya boleh dilakukan di zona kuning dan hijau.
Hal tersebut sudah sesuai dengan Surat Edaran (SE) Menteri Agama terkait Panduan Ibadah pada Ramadan dan Idulfitri 1442 Hijriah.

“Salat tarawih, witir, tadarus quran, hingga iktikaf hanya bisa dilaksanakan di masjid maupun mushala yang ada di zona aman yakni zona hijau dan kuning,” ungkap Fuad dalam rapat koordinasi penanganan Covid-19, Senin 12 April 2021 lalu.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *