CEO Microsoft Bill Gates dan Melinda Gates Putuskan Bercerai

Beritakota.id, Jakarta -  Pasangan Bill Gates dan Melinda Gates memutuskan mengakhiri pernikahan mereka yang telah berusia 27 tahun. Bill Gates, salah satu pendiri dan mantan CEO Microsoft, mengatakan dalam sebuah tweet pada Senin bahwa dia dan Melinda Gates akan berpisah.

Meski bercerai, Bill mengatakan keduanya akan terus bekerja sama dalam pekerjaan filantropi, yang membahas pendidikan, kesetaraan gender, dan dunia kesehatan.

"Setelah banyak pemikiran dan banyak pekerjaan di antara kami, kami telah membuat keputusan untuk mengakhiri pernikahan kami," tulis Bill Gates dan Melinda Gates dalam sebuah pernyataan yang di-tweet oleh Bill Gates.

“Selama 27 tahun terakhir, kami telah membesarkan tiga anak yang luar biasa dan membangun sebuah yayasan yang bekerja di seluruh dunia untuk memungkinkan semua orang menjalani kehidupan yang sehat dan produktif. Kami terus berbagi keyakinan dalam misi itu dan akan melanjutkan pekerjaan kami bersama di yayasan, tetapi kami tidak lagi yakin kami dapat tumbuh bersama sebagai pasangan dalam fase kehidupan kami selanjutnya. Kami meminta ruang dan privasi untuk keluarga kami saat kami mulai menjalani kehidupan baru ini.”

Bill Gates memimpin Microsoft sebagai CEO sejak didirikan dengan Paul Allen pada 1975 hingga 2000. Pada 2008, Bill Gates melepaskan perannya sehari-hari di Microsoft untuk menghabiskan lebih banyak waktu di yayasan.

Tahun lalu, Bill Gates mengundurkan diri dari dewan Microsoft saat virus corona mewabah di seluruh dunia.  Bill dan Melinda Gates sama-sama bekerja dan membangun Microsoft. Melinda pernah menjadi manajer pemasaran di perusahaan perangkat lunak itu. Keduanya bertemu pada jamuan makan malam untuk karyawan Microsoft pada 1987.

“Butuh beberapa bulan sebelum dia mengajak saya berkencan,” kata Melinda Gates.  Bill dan Melinda Gates menikah di Hawaii pada 1994.

Detail harta gono-gini dari perpisahan Gates ini masih belum jelas. Bill Gates memiliki 1,37% dari saham Microsoft yang beredar, yang bernilai lebih dari 26 miliar dolar AS, menurut FactSet.  Pasangan itu adalah pendiri, bersama Warren Buffett, dari Giving Pledge, di Microsoft. Pada satu titik, pasangan itu memutuskan untuk memindahkan saham Microsoft senilai 20 miliar dolar AS ke yayasan ketika mereka berusaha meningkatkan komitmen mereka untuk filantropi.

Hal ini ditulis Bill Gates dalam posting blog pada 2019. Saat ini yayasan Gates memiliki aset lebih dari 51 miliar dolar AS. Bill Gates adalah orang terkaya keempat di dunia, di belakang Jeff Bezos, Bernard Arnault dari LVMH, dan Elon Musk dari Tesla, menurut Forbes. Pengumuman perceraian Gates ini datang dua tahun setelah Jeff Bezos, CEO Amazon, mengatakan dia dan istrinya, MacKenzie, bercerai.  Bill Gates dan Jeff Bezos termasuk di antara orang terkaya di dunia, dan Amazon serta Microsoft bersaing dalam bisnis komputasi (cloud) awan.

Penulis: Poppy

Baca Juga