Dukung Ekonomi Syariah, Pegadaian-IPEMI Kerja Sama Kembangkan Keagenan

  • Bagikan
PT Pegadaian (Persero) menggandeng Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) untuk memperluas pasar ekonomi Syariah melalui penyediaan produk dan layanan dengan pemberdayaan anggota IPEMI sebagai Agen Pegadaian Syariah

Beritakota.id, Jakarta –   PT Pegadaian (Persero) menggandeng Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) untuk memperluas pasar ekonomi Syariah melalui penyediaan produk dan layanan dengan pemberdayaan anggota IPEMI sebagai Agen Pegadaian Syariah.

Kolaborasi kedua lembaga ini ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Direktur Jaringan, Operasi dan Penjualan PT Pegadaian (Persero), Damar Latri Setiawan dengan Ketua Umum IPEMI Ingrid Kansil, di Kantor Pusat Pegadaian, Jumat (27/05/2021).

Kerjasama yang dilakukan oleh kedua belah pihak mencakup penyediaan layanan produk, monitoring dan evaluasi terhadap anggota IPEMI yang bergabung menjadi agen Pegadaian Syariah. Tak hanya itu, manfaat lainnya yang diperoleh melalui kerjasama juga berfokus pada penyediaan fasilitas promo atas layanan dan produk Pegadaian.

Direktur Jaringan, Operasi dan Penjualan PT Pegadaian (Persero), Damar Latri Setiawan menyambut baik kerjasama sama ini. Menurut Damar, dengan jaringan luas yang dimiliki IPEMI di 34 Provinsi, ditambah dengan outlet Pegadaian yang tersebar di seluruh Indonesia  akan memberikan manfaat bagi kedua belah pihak.

“Kerjasama ini akan memberikan keuntungan yang merata bagi Pegadaian maupun IPEMI. Disatu sisi, kerjasama ini akan membantu Pegadaian memperluas target pasar dan jangkauan nasabah Pegadaian, sementara bagi IPEMI seluruh anggotanya yang mayoritas pelaku UMKM akan mendapatkan penghasilan tambahan,” ucap Damar.

Hal serupa juga disampaikan oleh Ketua Umum IPEMI, Ingrid Kansil. Menurut Ingrid kerjasama ini memiliki nilai strategis yang akan memberikan efek positif bagi anggota IPEMI.

“Sekitar 70 persen anggota IPEMI adalah pelaku UMKM yang terdampak pandemi. Tak hanya memperoleh kemudahan untuk menggunakan ragam produk Pegadaian, tapi para anggota yang bergabung dalam keagenan juga berkesempatan memperoleh penghasilan tambahan. Melalui keagenan Syariah, produk-produk Pegadaian bisa dipasarkan secara langsung oleh para anggota IPEMI, sehingga fee yang nantinya diperoleh dapat menambah penghasilan bagi anggota kami”.

IPEMI turut mendukung konsep ekonomi syariah sebagai program nasional. Oleh karena itu, Ingrid berharap kerjasama ini dapat berjalan lancar dan dapat segera dilakukan pembinaan untuk seluruh anggota IPEMI yang tersebar di 34 Provinsi dan 340 Kabupaten/Kota.

Tercatat, hingga saat ini tercatat lebih dari 900 perusahaan yang telah bersinergi dengan Pegadaian, diantaranya BUMN, BUMD, swasta, asosiasi, perguruan tinggi, maupun instansi lainnya. Hal yang dilakukan untuk memperluas jangkauan pelayanan sehingga mempermudah masyarakat dalam mengakses produk dan layanan Pegadaian.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *