Ini Sebab Sertifikat Vaksin Tidak Muncul di PeduliLindungi.id

  • Bagikan

Beritakota.id, Jakarta – Sertifikat vaksin corona menjadi salah satu syarat baik itu untuk perjalanan hingga untuk masuk ke beberapa tempat umum misalnya mal. Namun, tak sedikit yang mengalami kendala tak bisa mengakses sertifikat vaksin di pedulilindungi.id, meski sudah melakukan vaksinasi.

Dikutip dari portal Pemprov DKI Jakarta, terdapat dua penyebab sertifikat vaksin belum muncul di website PeduliLindungi:

Pertama, terdapat kendala data yang mana belum diinput sehingga sertifikat belum bisa diakses di PeduliLindungi. Kedua, terdapat kendala sertifikat vaksin belum terbit di PeduliLindungi.

Menurut Pemprov DKI Jakarta, kedua kendala tersebut sifatnya berbeda karena ditindaklanjuti oleh dua pihak berbeda juga yaitu tenaga kesehatan di fasilitas kesehatan dan tim dari PeduliLindungi.

Jika kendala data belum diinput, umumnya tidak ada keterangan tanggal vaksinasi di akun PeduliLindungi. Jika kendala sertifikat belum terbit maka umumnya terdapat keterangan tanggal vaksinasi.

Oleh sebab itu, pastikan kamu sudah tahu kendalanya dengan cara mengecek status vaksinasi Covid-19 di PeduliLindungi dengan cara berikut:

1. Akses portal PeduliLindungi;

2. Klik Logn/Register;

3. Silahkan melakukan pendaftaran bagi yang belum memiliki akun PeduliLindung dengan klik Buat Akun PeduliLindungi;

4. Isi lengkap, email dan nomor polsel serta klik Daftar;

5. Masukkan empat kode yang dikirim ke nomor ponsel Anda;

6. Klik Profil dan pilih Akun Saya;

7. Lengkapi data;

8. Klik Simpan;

9. Kembali ke Beranda;

10. Klik Sudah Melakukan Vaksinasi Covid-19? cek sertifikat di sini;

11. Masukkan Nama Lengkap, NIK dan data lainnya;

12. Klik Periksa;

13. Selanjutnya akan muncul sertifikat vaksinasi kamu.

Cara pertama untuk mengatasi sertifikat yang tidak muncul di PeduliLindungi karena data belum diinput, silahkan menghubungi fasilitas kesehatan di tempat kamu untuk melakukan penginputan data ke sistem PCare.

Sementara jika kendala sertifikat vaksin belum terbit, cara selanjutnya yaitu silakan mengakses PeduliLindungi dan menginput data kami dengan benar.

Ketiga, jika data sudah diinput dan sertifikat vaksin belum terbit, kamu bisa mengirim email ke vaksin@pedulilindungi.id dengan memberikan data:

1. Foto selfie beserta KTP (tanpa menggunakan masker);

2. Nama lengkap sesuai KTP;

3. NIK;

4. Tanggal Lahir;

5. Nomor ponsel;

6. Alamat;

7. Deskripsi permasalahan;

8. Lampirkan kartu vaksinasi.

Langkah di atas juga bisa kamu lakukan jika terjadi kesalahan pada data sertifikat vaksin misalnya terjadi kesalahan tanggal vaksinasi. Sertifikat vaksin umumnya terbit usai dilakukannya vaksinasi Covid-19 dosis 1 dan 2.

  • Bagikan

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *