Bank Danamon Gelar Vaksinasi Covid-19 Pedagang Pasar untuk Capai Herd Immunity

  • Bagikan

Beritakota.id, Jakarta –PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) melalui aksi Danamon Peduli menggulirkan program vaksinasi bagi para pedagang pasar. Program ini juga menjadi bagian dari rangkaian acara peringatan hari jadi Danamon yang ke 65 sekaligus turut memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76.

Pasar merupakan tonggak perekonomian dan sumber penghidupan masyarakat yang juga berpotensi menjadi salah satu kluster penyebaran COVID-19, sehingga Danamon percaya bahwa pasar membutuhkan perhatian khusus untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona. Program vaksinasi ini diawali di Pasar Senen, Jakarta pada 12-13 Agustus dan dilanjutkan di Pasar Cihaurgeulis serta Pasar Baltos di Bandung pada 20-21 Agustus.

Terakhir, program vaksinasi pedagang pasar ini dilakukan di Gedung Serba Guna Denggung, Pasar Prambanan, dan Pasar Kuliner Belut Godean di wilayah Sleman, Yogyakarta pada tanggal 25 – 27 Agustus.

Program vaksinasi untuk para pedagang merupakan wujud kepedulian kami terhadap masyarakat khususnya di lingkup pasar. Ini merupakan wujud nyata dukungan kami terhadap pemerintah dalam penanganan Covid-19, khususnya terkait dengan percepatan vaksin.

Pihaknya berharap vaksinasi ini dapat membantu mempercepat pembentukan kekebalan komunitas di kalangan para pedagang, sehingga mereka dapat beraktivitas kembali secara aman dan dapat menghidupkan kembali perekonomian di daerah. Dengan terjaganya kesehatan lingkungan pasar lebih terlindungi dan nyaman dalam beraktifitas dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

“Danamon yakin dengan bersama dan saling berkolaborasi kita semua bisa bangkit dan bertumbuh di masa yang sulit ini,” ujar Direktur Syariah & Sustainability Finance, Herry Hykmanto.

Sebagai keberlanjutan Program Danamon Peduli melalui Pasarku Bersih dan Sehat, serta kesiapan/tanggap bencana, maka dalam situasi pandemi saat ini, Danamon Peduli melaksanakan program vaksinasi masyarakat.

Dalam program vaksinasi pedagang ini sekitar 3.250 dosis vaksin dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia disalurkan di 6 wilayah lokasi pelaksanaan. Kegiatan ini turut didukung diantaranya oleh Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), Pemerintah Daerah melalui Dinas Kesehatan setempat, PD Pasar Jaya, Jakarta Kolaborasi,   PT Bio Farma, PT Kimia Farma, PD Pasar Jaya, BPR Bank Sleman, Perumda Pasar Juara Kota Bandung dan Perumda BPR Bank Bandung serta berbagai pemangku kepentingan lainnya.

Pada hari ini, menggandeng Kimia Farma dan Bank Sleman, Danamon melaksanakan rangkaian program vaksinasi terhadap para pedagang pasar yang kali ini dilakukan di Gedung Serba Guna Denggung, Pasar Prambanan, dan Pasar Kuliner Belut Godean di wilayah Sleman, Yogyakarta. Yang menarik dari kegiatan vaksinasi di Sleman ini adalah untuk pertama kalinya, Danamon menggunakan Vaksin Gotong Royong untuk kegiatan tanggung jawab sosialnya.

Plt. Direktur Utama PT Kimia Farma Diagnostika (KFD) Agus Chandra mengatakan, kegiatan sosial perusahaan (CSR) PT Bank Danamon Indonesia Tbk. dan PT BPR Bank Sleman dalam bentuk vaksinasi kepada para pedagang pasar tradisional di Sleman sejalan dengan upaya pemerintah dalam mempercepat pembentukan kekebalan komunal (herd immunity).

“Kami mengapresiasi dan mendukung bentuk CSR Danamon dan Bank Sleman yang didukung oleh Pemkab Sleman melalui Vaksinasi Gotong Royong [VGR] untuk para pedagang pasar tradisional. Apalagi pasar merupakan tempat bertemunya para penjual dan pembeli. Dengan vaksinasi ini diharapkan imunitas para pedagang dapat terjaga dengan baik sehingga aktivitas pasar dapat berjalan dan turut menggerakkan roda perekonomian,” ujarnya.

KFD memberikan fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) dalam pelaksanaan VGR terhadap para pedagang pasar tradisional Sleman. KFD merupakan cucu usaha PT Kimia Farma Tbk. yang memberikan pelayanan kesehatan melalui klinik kesehatan dan laboratorium klinik dengan mengelola 422 klinik dan 73 lab klinik dan memiliki keungulan sekaligus kekuatan sarana dan fasilitas pelayanan kesehatan serta 1.200 dokter dan 3.300 perawat yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Agus Chandra menegaskan, KFD siap memberikan pelayanan Vaksinasi Gotong Royong kepada badan usaha/perusahaan, termasuk VGR untuk kegiatan CSR seperti yang dilakukan oleh Danamon dan Bank Sleman terhadap pedagang di pasar tradisional Sleman.

 

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *