Malaysia Healthcare Ajak Masyarakat Indonesia untuk Kenali Kanker Sejak Dini

  • Bagikan

Beritakota.id, Jakarta – Malaysia Healthcare menyelenggarakan rangkaian webinar series dalam acara Malaysia Healthcare Virtual Week 2021. Acara yang di adakan selama 3 hari dari 10-12 September secara virtual ini dihadiri oleh dokter spesialis dan juga pakar kesehatan dari Rumah Sakit di Malaysia.

Seri zoom webinar Malaysia Healthcare Virtual Week 2021 yang bertemakan Pencegahan & Perawatan Kanker ini dihadiri oleh Presenter Patricia Gouw dan juga Dr. Amir Shah yang merupakan Spesialis Onkologi & Radioterapi dari Rumah Sakit Gleneagles Penang.

Dalam webinar ini dr. Amir menjelaskan, saat ini kanker merupakan penyakit yang bisa menyerang siapapun, bahkan gaya hidup yang tidak sehat bisa meningkatkan resiko kanker, misalnya pola makan yang kurang bersih, merokok, mengkonsumsi alkohol, sering terkena paparan sinar matahari, hingga kurangnya aktifitas fisik.

“kanker itu banyak macamnya ya, ada yang namanya kanker kelenjar getah bening, kanker paru-paru, kanker serviks, kanker payudara, hingga kanker usus, sebetulnya kanker itu tidak hanya tiba-tiba datang sendiri, salah satu nya bisa datang dari kurangnya menjalani gaya hidup sehat misalnya makan-makanan yang tidak bersih, merokok hingga kurangnya aktifitas dapat meningkatkan resiko kanker, salah satunya kanker usus ini, biasanya kanker usus menyerang usus besar senhingga timbul semacam polip, gejalanya bisa sembelit, sakit perut bahkan mengeluarkan darah Ketika buang air besar” jelas dr. Amir

Pemeriksaan Sejak Dini Bisa Mengurangi Resiko Kanker

Kanker memang bukanlah penyakit yang menular, namun jika penanganannya terlambat, maka harapan hidup seseorang yang menderika kanker bisa jadi berkurang, ini disebabkan kanker yang ada didalam tubuh sudah menyebar luas. dr. Amir juga menjelaskan, pencegahan lebih baik daripada mengobati, dengan melakukan pencegahan seperti melakukan gaya hidup sehat dan medical checkup secara rutin bisa mengurasi resiko kanker.

“Kanker itu merupakan penyakit yang terkadang tidak ada gejalanya, banyak sekali orang-orang yang datang berkonsultasi dan checkup ternyata saat di cek sudah ada kanker. Oleh karena itu dengan menjalani gaya hidup sehat dan rutin medical checkup bisa mengurangi resiko kanker, kenapa? Karena saat medical checkup kita bisa tau apakah dia sudah stadium 1 atau 2, bahkan 4? Sehingga jika memang masih stadium rendah, penanganannya bisa lebih maksimal, bahkan masih bisa sembuh” Katanya.

Patricia Gouw, yang merupakan presenter menambahkan, gaya hidup sehat saat ini sangatlah penting, selain menjaga metabolisme tubuh, gaya hidup sehat juga bisa melepaskan stress.

“Saya sangat setuju ya, kalau banyak yang bilang olahraga itu sangatlah penting, selain bisa menjaga metabolisme tubuh, olahraga juga bisa melepas stress, tiap pagi biasanya aku stretching dan olahraga sedikit”

“Dr. Amir tadi juga menjelaskan, kalau medical checkup juga sangat penting untuk melihat Kesehatan kita, aku juga tiap tahun selalu melakukan medical checkup, sehingga kita bisa lihat apakah ada penyakit yang harus di waspadai, sehingga penanganannya bisa lebih cepat kalau memang ada penyakit yang cukup serius” Tambah Patricia yang merupakan Runner Up Asian Next Top Model Musim ke-4.

Rumah sakit Gleneagles yang berada di pulau Penang ini menjadi Rumah sakit favorit orang Indonesia, selain jarak nya yang dekat dan memiliki fasilitas dan teknologi terbaru, staff yang bisa berbahasa Indonesia juga merupakan nilai lebih, sehingga pasien lebih nyaman dan paham ketika melakukan perawatan disana.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *