HUT Ke-33, FIF Group Lakukan Tanam Pohon di Mandalika

FIFGROUP berinisiatif untuk turut mendukung pemerintah dalam upaya menghijaukan dan mempromosikan wisata Indonesia melalui sarana dan prasarana dengan menanam sebanyak 1.000 bibit pohon di lokasi berlangsungnya event olahraga World Superbike dan seri penutup MotoGP.

Beritakota.id, Jakarta – PT Federal International Finance (FIFGROUP) salah satu anak perusahaan PT Astra International Tbk yang juga bagian dari Astra Financial kembali mengadakan kegiatan FIFGROUP Hijaukan Bumi tahap 2 dengan menanam sebanyak 3.300 bibit pohon di sejumlah titik di Indonesia, termasuk di Mandalika, Lombok Barat pada Sabtu, 19 Februari 2022 yang masih bagian dari rangkaian peringatan Kemilau Hari Ulang Tahun FIFGROUP ke-33 tahun.

Dengan kegiatan ini, FIFGROUP berinisiatif untuk turut mendukung pemerintah dalam upaya menghijaukan dan mempromosikan wisata Indonesia melalui sarana dan prasarana dengan menanam sebanyak 1.000 bibit pohon di lokasi berlangsungnya event olahraga World Superbike dan seri penutup MotoGP.

Sebanyak 250 pohon dengan rincian 50 pohon ketapang kencana, 50 tabebuya, dan 150 pucuk merah akan ditanam di Bundaran Labulia Jl. Bypass Bandara International Lombok, Desa Labulia, Kec. Jonggat, sejauh 1 km, di mana ini merupakan jalan yang menghubungkan Bandara International Lombok Zainuddin Abdul Madjid menuju Sirkuit International Mandalika. Sedangkan 750 pohon mahoni akan ditanam di Kawasan Hutan Desa Pusuk, Kecamatan Batulayar, Kabupaten Lombok Barat.

Penanaman pohon di lokasi tersebut dihadiri oleh Kepala Wilayah FIFGROUP Area Nusa Tenggara Yudha Satri, Kepala Cabang FIFGROUP Lombok Barat I Putu Budhi Yadnya, dan bekerja sama dengan Kepala Dinas – Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kadis DLHK) Provinsi Nusa Tenggara Barat Ir. Madani Mukarom BScF.MS.i, Kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pertanian Pembangunan (PP) Negeri Mataram Sugiarta, S.Pi, M.Pd, M.Si, Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Kecamatan Jonggat IPTU Bambang Sutrisno, dan Kepala Desa Labulia Muhajat.

“Kami sungguh berterima kasih kepada FIFGROUP, atas upaya yang dilakukan dalam mendukung pelestarian lingkungan di daerah Lombok Barat ini melalui penanaman 1.000 pohon. Kedepannya kami berharap apa yang telah dilakukan ini juga dapat memberikan nilai tambah dari segi pemandangan supaya semakin indah seraya menyambut kedatangan para wisatawan menuju sirkuit Mandalika,” ujar Kadis DLHK Provinsi NTB, Madani Mukarom.

Nama Mandalika diambil dari legenda atau cerita rakyat yang terkenal. Dirinya merupakan seorang putri cantik dari tokoh suku Sasak terkemuka dan pesonanya menghipnotis semua lelaki, bahkan hingga luar Lombok. Hingga suatu ketika Putri Mandalika kewalahan menerima banyak pinangan dan memutuskan untuk menenangkan diri dengan bersemedi. Alih-alih memilih satu lamaran, ternyata putri jelita tersebut justru menghempaskan badannya ke dalam gulungan ombak Pantai Seger dan menghilang tanpa ada jejak. Uniknya, setelah sang putri menghilang, Pantai Seger kemudian dipenuhi oleh cacing laut berwarna-warni. Masyarakat lokal pun mempercayai cacing laut itu sebagai bentuk lain dari Putri Mandalika.

Penanaman 3.300 Pohon Tahap 2 di 7 Titik

Selain di Mandalika, di bulan Februari 2022 ini, FIFGROUP juga melakukan penanaman pohon di beberapa titik lokasi lain di Indonesia yaitu Batam, Pekanbaru, Sanggau, Pasuruan (2 titik), dan menyusul di tanggal 25 Februari 2022 berlokasi di Yogyakarta. Seluruh acara dilaksanakan bekerja sama dengan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pertanian, Dinas kehutanan, Dinas Lingkungan Hidup, Kepolisian Sektor (Polsek), Batalyon dan pemerintah daerah di masing-masing titik lokasi ini dilakukan.

Chief Executive Officer (CEO) FIFGROUP, Margono Tanuwijaya mengatakan bahwa : “Kegiatan tanam pohon ini dilakukan sebagai upaya FIFGROUP dalam pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) nomor 13 tentang climate action (penanganan perubahan cuaca) dan nomor 15 tentang life on land (menjaga ekosistem darat), serta mendukung Environmental, Social & Governance (ESG) nomor 5 yaitu biodiversity.”

Mendukung pernyataan Margono, Human Capital (HC), General Support (GS), & Corporate Communication Director FIFGROUP Esther Sri Harjati mengatakan, “Sebelumnya, di tahap 1 telah dilakukan penanaman 3.300 pohon atau 10% dari rencana program yang berjumlah 33.000, di 10 titik wilayah Indonesia pada tanggal 21 Januari 2022. Tanam pohon kali ini merupakan tahap ke-2 dari total 10 tahap yang akan dilakukan sepanjang tahun 2022.”

Untuk setiap tahap selanjutnya, FIFGROUP berkolaborasi dengan seluruh titik yang berada pada jangkauan network perusahaan di 235 cabang seluruh Indonesia untuk melaksanakan penanaman pohon sebanyak 33.000 secara bertahap di sepanjang tahun 2022 dengan masing-masing 10 titik, dengan rincian sebagai berikut : tahap 3 di bulan Maret sebanyak 3.400 pohon, tahap 4 di bulan April sebanyak 3.300 pohon, tahap 5 di bulan Juni sebanyak 3.300 pohon, tahap 6 di bulan Juli 3.300 pohon, tahap 7 di bulan Agustus sebanyak 3.300 pohon, tahap 8 di bulan September sebanyak 3.300 pohon, tahap 9 di bulan Oktober sebanyak 3.300 pohon, dan tahap 10 di bulan November sebanyak 3.300 pohon, dan dilakukan di daerah-daerah rawan bencana seperti banjir dan tanah longsor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.