Kolaborasi Baznas dan OY Indonesia untuk Pembayaran Zakat Online

  • Bagikan

Beritakota.id, Jakarta – OY! Indonesia, sebagai perusahaan financial technology yang berfokus pada layanan money moving, melanjutkan komitmennya dalam mendukung proses perputaran transaksi bagi segala bisnis dari berbagai skala di Indonesia.

Menyambut bulan Ramadan yang penuh berkah, OY! menghadirkan solusi proses transaksi bagi kemudahan pelaku bisnis terhadap customer melalui OY! Bisnis sebagai layanan finansial digital yang terpadu.

Ramadan dikenal menjadi bulan yang lekat dengan sebuah perayaan, di mana masyarakat banyak melakukan persiapan dan tercatat lebih dari 70% memenuhi kebutuhan tersebut secara online. Merespon momentum untuk meraih keberkahan di bulan suci, OY! menjamin kelancaran transaksi bagi seluruh pelaku bisnis dan mendukung upaya operasi bisnis mereka, salah satunya melalui layanan OY! payment acceptance link.

“OY! memahami bahwa Ramadan merupakan salah satu momen penting bagi pelaku bisnis dalam menangkap peluang bagi perkembangan bisnis mereka. Melalui keahlian layanan OY! sebagai penyedia infrastruktur money movement terlengkap di Indonesia, kami berkomitmen untuk mendukung kemudahan segala bentuk transaksi melalui layanan payment acceptance link sebagai bagian dari OY! Bisnis yang memungkinkan mereka melakukan transaksi secara mudah, aman, dan nyaman,” kata Jesayas Ferdinandus, CEO dari OY! Indonesia.

Terdapat beberapa industri yang tercatat mengalami peningkatan transaksi selama bulan Ramadan lalu, salah satunya pada sektor layanan keuangan non-bank seperti penyaluran zakat online yang semakin marak dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia. Untuk itu, OY! kini menjalin kerjasama eksklusif dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) guna mendukung aktivitas kewajiban dalam berbagi terhadap sesama.

“Sejak tahun 2016, BAZNAS telah mendorong pemanfaatan platform media digital sebagai instrumen pembayaran zakat. Di masa pandemi, pembayaran zakat yang dihimpun lewat saluran-saluran digital mengalami peningkatan hingga 30%. Sehingga kerja sama dengan OY! Indonesia merupakan langkah yang tepat untuk terus mendorong peningkatan zakat serta memberi kemudahan kepada masyarakat untuk menebar kebaikan,” ujar Direktur Pengumpulan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI, Faisal Qosim.

Untuk menambah kemudahan akses dalam menyalurkan zakat, OY! Indonesia menghubungkan kolaborasi dengan BAZNAS ke dalam kerjasama yang telah terjalin antara OY! dengan Pasar Induk Jatiuwung, sebagai upaya digitalisasi pasar di Indonesia. Hal tersebut dilakukan agar dapat memberikan sarana penyaluran zakat bagi para merchant di pasar melalui sistem milik OY! selama bulan Ramadan.

Selain itu, industri pada sektor logistik secara general juga mengalami peningkatan transaksi selama bulan Ramadan lalu sebesar 11,5% yang tercatat oleh OY! Indonesia. Marini Elsa Putri, Engagement & Partnership Manager Ninja Xpress selaku salah satu klien OY! mengatakan, jasa pengiriman menjadi sektor yang krusial bagi masyarakat Indonesia, terutama saat bulan festive seperti Ramadan.

Banyak kebutuhan yang perlu dipersiapkan dan banyak dipesan oleh konsumen secara online. Seperti contoh pengiriman dari pelaku bisnis UMKM masih menjadi salah satu aktivitas yang tertinggi hingga Ramadan tahun 2021 lalu.

Terdapat 4 kategori bisnis UMKM yang paling diminati berdasarkan frekuensi pengirimannya seperti Fashion, Food & Beverage, produk Herbal, dan Beauty yang menandakan bahwa masyarakat semakin mempercayai kualitas produk lokal Indonesia dengan terus melakukan pemesanan.

Tidak hanya pada bisnis berskala besar, OY! turut memfokuskan dukungannya terhadap pelaku UMKM di Indonesia yang selaras dengan program pemerintah untuk meningkatkan jumlah bisnis UMKM yang go digital sebanyak 20 juta bisnis di tahun 2022. Untuk itu, OY! turut memperkenalkan program Ramadan bagi pelaku bisnis UMKM melalui program #LangkahMenujuBerkah untuk mendukung penuh operasi bisnis UMKM selama bulan Ramadan ini.

OY! mendorong pelaku UMKM untuk terus memaksimalkan upaya bisnis mereka dengan memanfaatkan peran layanan OY! payment acceptance link. Selain mendapatkan kemudahan, seluruh pelaku UMKM yang bergabung pada program ini berhak memiliki kesempatan untuk mendapatkan 1 unit sepeda motor untuk 1 UMKM dengan transaksi terbanyak pada periode 5 April – 31 Mei 2022.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *