H-6 Lebaran, 168.512 Pemudik Telah Tinggalkan Jawa Menuju Sumatera

  • Bagikan

Beritakota.id, Jakarta – Sebanyak 168.512 orang tercatat telah meninggalkan Pulau Jawa menuju Sumatera melalui Pelabuhan Merak, Banten.

Angka itu diperoleh berdasarkan data posko PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) pada Jumat (22/4/2022) sampai Selasa (26/4) pagi atau H-10 sampai H-6 Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriah.

“Dengan total ada 39.406 unit kendaraan. Dapat dirinci jumlah roda dua sebanyak 5.347 unit, roda empat sebanyak 19.549 unit, bus sebanyak 1.461 unit dan truk sebanyak 13.049 unit yang telah menyeberang dari Merak ke Bakauheni,” kata Direktur Utama ASDP Ira Puspadewi melalui keterangan tertulis, Selasa (26/4/2022).

PT ASDP Indonesia Ferry telah menyiapkan empat pelabuhan utama untuk angkutan Lebaran 2022, yakni Pelabuhan Merak, Bekauheni, Ketapang dan Gilimanuk.

Bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik dengan kapal feri, kata Ira, diimbau untuk mengatur perjalanan sedini mungkin dengan melakukan reservasi mandiri melalui aplikasi Ferizy.

Masyarakat juga diminta agar menjaga stamina kesehatan dan kondisi kendaraan tetap prima.

Selain itu, tambahnya, diharuskan untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat, serta tetap mewaspadai potensi cuaca buruk.

“Tentu menjadi harapan seluruh pihak bahwa perjalanan mudik dengan kapal feri tahun ini dapat berjalan lancar, aman, sehat dan selamat,” ujar Ira.

“Kami harapkan kerjasama dan pengertian seluruh pengguna jasa agar tetap bersabar dan disiplin dalam mengatur waktu perjalanan karena menjelang puncak arus mudik, volume pemudik dan kendaraan terus meningkat,” sambungnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *