Menparekraf Bidik Rp 500 Triliun Transaksi Belanja Produk Lokal

  • Bagikan

Beritakota.id, Jakarta – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahudin Uno, optimis akan membuka dua juta lapangan kerja baru dan menambah kontribusi pertumbuhan ekonomi 2% melalui Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI).

Menurut Sandiaga, pihaknya optimis seluruh target dapat tercapai asalkan berbagai pihak saling bekerja sama. Apalagi sedikitnya ada 29 Kementerian Lembaga (KL) yang terlibat, bahkan 12 di antaranya adalah campaign manager yang secara kontinu dan konsisten menggaungkan BBI.

“Sesuai arahan Bapak Presiden Joko Widodo, sejak BBI diluncurkan 14 Mei 2020 lalu sampai Februari 2022, sudah tercapai 57 persen dari target 30 juta usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang on-boarding ke marketplace pada akhir 2023, nah akhir tahun ini kita targetkan satu juta produk dan jasa akan terdaftar pada e-katalog Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP),” kata Sandiaga seperti dikutip, Kamis (28/4/2022).

Pemerintah dalam hal ini menargetkan transaksi pembelian produk dalam negeri (PDN) mencapai Rp 500 triliun, dan potensi belanja badan usaha milik negara (BUMN) terhadap PDN sampai dengan Rp 420 triliun.

“Komitmen pemerintah terhadap PDN hingga April 2022 ini kita harapkan mencapai Rp 483,2 triliun, sehingga kita optimis bisa mencapai target Rp 500 triliun, mengingat deadline adalah 31 Mei 2022, masih ada waktu, jadi mari kita realisasikan menjadi kontrak bukan hanya komitmen atau pemberi harapan palsu (PHP) saja,” tutur Sandiaga.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *