Arab Saudi Tetapkan Idul Fitri Jatuh 2 Mei 2022

  • Bagikan

Beritakota.id, Jakarta – Mahkamah Agung Arab Saudi mengumumkan bahwa Idul Fitri 1 Syawal 1443 Hijriah jatuh pada Senin, 2 Mei 2022. Dengan demikian pada Minggu (1/5/2022) hari ini menjadi hari terakhir Ramadan 1443 Hijriah.

Panitia Pemantauan Hilal Mahkamah Agung Arab Saudi telah mengadakan sidang isbat untuk menentukan dimulainya 1 Syawal tahun ini.

Komite mengatakan, tidak melihat penampakan hilal pada Sabtu malam, kata Saudi Press Agency, mengutip pernyataan pengadilan kerajaan.

“Departemen memutuskan bahwa Ahad adalah hari ke-30 Ramadan tahun ini, dan Senin adalah hari pertama Idul Fitri tahun ini,” kata pernyataan itu dikutip dari Arab News, Minggu (1/5/2022).

Penanggalan dalam kalender Islam, biasanya terdiri dari 29 hari atau 30 hari. Dengan begitu, jika Ramadan tahun ini genap 30 hari, maka tanggal 1 syawal adalah Senin, 2 Mei 2022.

Dilaporkan oleh Saudi Press Agency, sejumlah ahli astronomi di Arab Saudi mengatakan memang kecil peluang jika hilal awal Syawal akan tampak pada Sabtu sore, 30 April 2022.

Sebelumnya, Mahkamah Agung Kerajaan Arab Saudi pada Kamis, 28 April 2022, menyerukan umat muslim di Kerajaan Arab Saudi agar ikut sama-sama mengamati pergerakan bulan.

Pergerakan bulan ini, bisa dilihat dengan mata telanjang atau menggunakan teropong. Warga yang ikut memantau pergeseran bulan, bisa melaporkan temuan mereka ke otoritas terdekat, lalu memberikan testimoni atas laporan pandangan mata yang mereka lihat.

Kalender Islam sudah berumur lebih dari 1.440 tahun. Pergerakan bulan digunakan untuk menentukan peringatan hari-hari penting dalam Islam, seperti dimulainya Ramadan, Idul Fitri dan pelaksanaan ibadah haji.

Bulan syawal juga bagi umat Islam adalah bulan penting. Bulan syawal dianggap sebagai hadiah dari Allah SWT bagi mereka yang sukses menjalani Ramadan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *