7 Tips Travelling Bersama Teman-teman Biar Makin Seru

  • Bagikan
Sumber: Pexels.com -@belart84

Beritakota.id, Jakarta –  Akhirnya kegiatan yang paling dinanti-nantikan oleh masyarakat kembali diperbolehkan, yaitu pergi liburan. Kamu bisa memilih untuk menghabiskan waktu liburan ini bersama keluarga atau teman-teman yang juga tidak kalah seru.

Mengunjungi banyak tempat wisata, seperti pantai, mendaki gunung, menjelajah sebuah kota, dan masih banyak lagi kegiatan yang dapat dilakukan bersama-sama. Tentunya destinasi yang dituju tidak hanya di dalam negeri saja, kamu pun bisa merencanakan perjalanan ke luar negeri dari jauh-jauh hari.

Momen liburan bersama teman-teman tentu menyenangkan dan sayang jika tidak diabadikan. Supaya kekinian, kamu bisa berfoto menggunakan kamera Polaroid dan langsung mendapatkan cetakan fotonya langsung tanpa perlu mencetak di tempat percetakan. Hasil fotonya pun sangat estetik, sangat cocok untuk dijadikan pajangan di meja kantor ataupun meja belajar.

Namun, tak jarang mewujudkan impian liburan bersama teman-teman menjadi sulit atau bahkan batal. Diperlukan perencanaan yang matang, komunikasi antara satu dengan yang lain, dan beberapa hal lainnya. Untuk itu, berikut kami hadirkan 7 tips liburan bersama teman-teman yang tidak berujung wacana saja.

1.      Menentukan Tujuan

Hal yang pertama dan sangat penting dalam perencanaan suatu liburan bersama teman-teman adalah berdiskusi tentang rencana tersebut, dimulai dari ke mana destinasi liburan yang akan dituju. Hanya karena kamu ingin ke Singapura, bukan berarti teman-temanmu juga mempunyai keinginan yang sama.

Setelah menentukan destinasi, kamu bersama teman-teman selanjutnya juga harus mendiskusikan rencana aktivitas. Hal ini dikarenakan agar semua anggota perjalanan menikmati liburan bersama-sama. Tidak harus ada yang mengalah, tetapi lebih kepada bagaimana satu sama lain berkompromi dalam menentukan rencana aktivitas.

Segera susun jadwal, mulai dari keberangkatan sampai jadwal kembali ke tempat asal. Disarankan agar kamu menyusun jadwal secara detail, seperti tempat yang akan dikunjungi, penginapan, transportasi, hingga waktu dan durasi kunjungan. Nantinya kamu akan terbantu dalam memanfaatkan waktu dengan baik selama liburan.

Sedikit tips memilih tempat penginapan, carilah tempat yang berdekatan atau berada di tengah-tengah lokasi yang menjadi tujuan wisata, kamu dapat mencari tahunya melalui situs penginapan ataupun menggunakan Google Maps. Agar tidak mengecewakan, jangan lupa untuk membandingkan harga serta membaca ulasan dari pengguna lainnya.

2.      Diskusikan Jadwal

Setelah menentukan destinasi dan mengetahui agenda selama di tempat tujuan, berikutnya adalah menentukan kapan masing-masing anggota bisa meluangkan waktu. Ada baiknya juga jika waktu yang dipilih telah disesuaikan dengan tempat yang dituju.

Sebagian orang berpendapat bahwa liburan bersama teman-teman sebaiknya dilakukan paling lama 3 sampai 5 hari. Hal ini bertujuan agar kamu dapat menghemat jatah cuti dan juga biaya perjalanan. Jadi, pilihlah tempat dan waktu yang tepat untuk bersenang-senang.

Misalnya, kamu dan teman-teman sepakat untuk pergi ke Malaysia dan ingin menghabiskan 3 hari 2 malam. Maka, akhir pekan bisa menjadi pilihanmu dengan mencari tanggal merah di hari Jumat atau mengajukan cuti pada hari tersebut.

3.      Berbagi Tanggung Jawab

Kerja sama antar satu dengan yang lainnya bisa membuat liburan lebih mudah dan menyenangkan. Hal ini bisa dimulai dari pembagian tugas untuk mencari informasi tentang akomodasi, transportasi, dan tempat-tempat yang akan dikunjungi.

Jika semua perencanaan hanya dilimpahkan kepada satu orang saja, pasti akan terasa berat. Kamu dapat membuat daftar lengkap kebutuhan selama liburan dan menetapkan tugas serta tanggung jawab kepada anggota yang dirasa bisa melakukannya. Dengan begini, semua orang akan merasakan tanggung jawab yang sama dan jadi kegiatan yang justru semakin merekatkan pertemanan.

4.      Menentukan Budget Bersama

Idealnya jika liburan bersama teman-teman adalah memiliki anggota yang mempunyai kondisi keuangan yang sama. Hal ini tentunya akan menentukan banyak hal, seperti akomodasi seperti apa yang diinginkan, hingga kegiatan apa saja yang dapat dilakukan bersama.

Situasi akan berbeda jika salah satu atau beberapa menginginkan tempat penginapan bintang lima. Sementara yang lainnya ingin liburan secara sederhana. Perselisihan ini dapat kamu hindari dengan berdiskusi selama masa perencanaan jauh-jauh hari.

Selain itu, setiap anggota juga dapat mencapai satu kesepakatan dengan cara mengumpulkan uang dan menabung bersama-sama. Akan lebih baik jika kamu menghabiskan uang yang telah dialokasikan dibandingkan membawa uang yang pas-pasan akibat kurangnya perencanaan keuangan.

Kemudian, kamu dan teman-teman juga perlu membagi mana yang akan menjadi tanggung jawab bersama. Menentukan siapa yang harus membayar dan untuk apa perlu didiskusikan sebelum perjalanan liburan dimulai. Hal ini bertujuan untuk menghindari kesalahpahaman ketika liburan. Kamu juga bisa mengunduh aplikasi seperti Splitwise supaya lebih mudah saat pembagian rincian biaya bersama tanpa perlu dihitung manual.

5.      Selalu Berkomunikasi

Liburan lebih dari satu orang atau per grup memang terlihat menyenangkan. Akan tetapi, kamu perlu memerhatikan dinamika kelompok yang dapat berubah sewaktu-waktu. Komunikasi yang jelas antara anggota sangat dituntut agar terhindar dari salah paham yang dapat mengubah suasana hati saat liburan.

Jika memungkinkan, komunikasi secara langsung dan tatap muka sangat direkomendasikan dalam merencanakan perjalanan. Hal ini agar poin dan pandangan yang disampaikan dapat diterima dengan jelas. Selain itu, bertatap muka juga dapat mempererat hubungan sesama teman sebelum keberangkatan.

Pastinya kamu tidak ingin liburan yang harusnya menjadi momen kebersamaan berubah menjadi berantakan akibat hal yang sepele. Saat liburan bersama, kamu dan juga anggota yang lain harus bisa mengontrol diri masing-masing.

6.      Jangan Terlalu Kaku, Fleksibel

Masih berkaitan dengan beberapa poin di atas, menjadi fleksibel pun bisa dilakukan saat tahap perencanaan. Kamu harus bisa mendengarkan dan mempertimbangkan preferensi setiap anggota. Beberapa pilihan kerap kali menimbulkan perselisihan sehingga diperlukan orang-orang yang dapat mengalah.

Setelah sampai di tempat tujuan terkadang apa yang kita telah rencanakan tidak semestinya terjadi. Perubahan jadwal pun menjadi hal yang lumrah. Untuk itu, ada baiknya setiap anggota perjalanan mau mengikuti jadwal yang telah disesuaikan.

Misalnya, kamu dan teman-teman telah menyusun rangkaian agenda selama 5 hari di Pulau Dewata, di mana agenda utamanya adalah mengunjungi pantai-pantai eksotis di Bali. Namun, akibat cuaca yang tidak bersahabat kalian terpaksa mencari alternatif lain. Maka komunikasikanlah saran kamu dengan baik kepada anggota yang lainnya dan dengarkan juga saran lainnya untuk menemukan titik tengah.

7.      Membawa Barang Bersama

Persiapan terakhir dalam merencanakan travelling bersama teman-teman adalah membawa barang yang akan digunakan bersama. Dalam satu grup mungkin memerlukan satu kamera atau bahkan lebih, tergantung penggunaan apakah untuk berfoto atau video.

Contoh lainnya adalah membawa bola jika kamu dan teman-teman memutuskan untuk pergi ke pantai. Bola dapat dimainkan bersama di atas pasir pantai, sedangkan anggota yang lain bersantai menggunakan karpet.

Banyaknya barang yang dibawa tentunya memungkinkan kita untuk kelupaan membawa kembali saat berkemas. Untuk itu, sesama teman juga perlu untuk saling mengingatkan barang-barang yang telah dibawa.

Itulah 7 tips yang bisa kamu ikuti dalam merencanakan travelling bersama teman-teman. Pastikan juga kamu memerhatikan protokol kesehatan yang berlaku di suatu tempat. Menjaga kesehatan juga tidak kalah penting agar kamu dapat menikmati serunya liburan. Selamat liburan!

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *