Iptek  

Sociopreneur: Tren Karir Baru Bagi Millenials dan Gen Z

Acara Wisuda ke-6 Universitas Pertamina, Sabtu (2105) (Dok Beritakota.id)

Beritakota.id, Jakarta – Rektor Universitas Pertamina, Prof. Ir. I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja, Ph.D., dalam sambutannya di acara Wisuda ke-6 Universitas Pertamina, Sabtu (21/05) mengapresiasi para wisudawan yang telah menuntaskan masa studi di tengah kondisi dunia yang sedang berjuang melawan COVID-19. Tak hanya menyelesaikan studi dengan baik, para alumni juga berhasil meraih sejumlah prestasi gemilang di berbagai bidang.

Salah satu wisudawan berprestasi tersebut adalah Astri Yana, dari Program Studi Manajemen. Astri memiliki ketertarikan pada kegiatan sociopreneur. Alumni asal Palembang tersebut mengembangkan sebuah platform sociopreneur yang diberi nama SATU. Singkatan dari kata ‘Saling Bantu’.

“Aplikasi ini bertujuan untuk membantu masyarakat yang memiliki barang-barang layak pakai namun sudah tidak digunakan, untuk dijual dan hasilnya didonasikan melalui peran organisasi sosial kemasyarakatan,” ujar Astri dalam acara Wisuda ke-6 Universitas Pertamina di Graha Pertamina, Sabtu (21/05).

Melalui SATU, lanjut Astri, donatur, pembeli, dan penerima donasi dapat saling terhubung satu sama lain. Penjualan barang bekas, dilakukan dengan skema lelang. Selain donasi lelang, aplikasi ini juga memiliki dua fitur lain, yakni donasi barang dan patungan berkah. Ide bisnis Astri tersebut, diganjar Gold Award di ajang International Business Idea Challenge (IBIC) yang dilaksanakan oleh Malaysia Multimedia University pada tahun 2020 lalu.

British Council mencatat, hingga tahun 2018 industri sociopreneur berkontribusi sebesar 1,91 persen dari PDB Indonesia. Angka ini setara dengan 19,4 Miliar Rupiah. Industri kreatif menjadi sektor usaha yang paling banyak jumlahnya dengan total 22 persen. Dilanjutkan dengan agrikultur dan perikanan 16 persen, pendidikan 15 persen, dan layanan 13 persen.

Selain mengikuti kegiatan sosial di luar kampus, Astri juga tercatat aktif berkontribusi pada kegiatan pengabdian masyarakat yang digagas oleh kampus. Astri merupakan salah satu pengajar sukarela, dalam kegiatan mentoring belajar untuk siswa Sekolah Dasar besutan Universitas Pertamina, bernama Temani Aku Untuk Belajar.

“Melalui keaktifan di berbagai kegiatan sukarela ini lah, saya menjadi semakin tertarik dengan sociopreneur. Di Indonesia sendiri, industri sociopreneur masih didominasi oleh Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Hal ini sangat berpotensi menyerap tenaga kerja wanita dan disable, yang memiliki keterbatasan bekerja di perusahaan makro,” tutur Astri, penerima Beasiswa Ekonomi Universitas Pertamina tersebut.

Selain berprestasi di bidang akademik dan non-akademik, Astri juga merupakan salah satu mahasiswa penerima Beasiswa Ekonomi Universitas Pertamina selama tujuh semester. Rektor Universitas Pertamina, Prof. Ir. I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja, Ph.D., mengungkapkan, untuk Tahun Akademik 2022/2023, Universitas Pertamina menyiapkan beasiswa dengan total nilai 22,5 miliar rupiah untuk mendorong prestasi mahasiswa.

Pada Wisuda ke-6 Tahun 2022, Universitas Pertamina (UPER) meluluskan 326 sarjana dari 15 program studi. Dari jumlah tersebut, 93 wisudawan berhasil meraih predikat pujian atau cumlaude. Sebanyak 56 persen wisudawan berasal dari program studi sains dan teknologi, dan 44 persen wisudawan berasal dari program studi sosial.

Hadir menjadi keynote speaker, Senior Vice President Research & Innovation PT Pertamina (Persero), Bapak Oki Muraza, Ph.D. Para wisudawan juga berkesempatan untuk mendapatkan kuliah motivasi yang disampaikan oleh Asisten Personil KSAD, Bapak Mayjen TNI Darmono Susastro, S.I.P.

Selain program beasiswa, Universitas Pertamina juga mendorong prestasi melalui kerja sama dengan berbagai mitra internasional. Saat ini, tak kurang dari 33 mitra internasional dimiliki oleh Universitas Pertamina. Kerja sama dengan para mitra mencakup kolaborasi untuk program pertukaran mahasiswa, pertukaran dosen pengajar, program pendek berupa internship dan summer program, program adjuct professor, kolaborasi penelitian, program dual degree, dan training and outreach.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.