KemenKopUKM Gelar Bimbingan Pengelolaan Usaha Mikro di Kabupaten Sidoarjo

Beritakota.id, Sidoarjo – Dalam upaya pemberian pemahaman, agar para pelaku usaha mikro dapat eksis berusaha secara berkelanjutan, berkembang dalam situasi yang lebih kondusif, Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) memberikan motivasi kepada usaha mikro untuk berkembang naik kelas melalui pelaksanaan kegiatan temu konsultasi usaha tentang cara mengelola, membangun dan membesarkan usaha mikro yang diikuti oleh 40 (empat puluh) pelaku usaha mikro Kabupaten Sidoarjo Provinsi Jawa Timur.

“Pemerintah terus berupaya meningkatkan pengetahuan usaha mikro, agar dapat tetap exis, berkembang dengan pengelolaan usaha yang professional dan menjadi usaha yang besar berkelanjutan dengan kondusif, ditengah persaingan berusaha yang semakin tinggi dengan adanya perkembangan pasar digital,” ungkap Fungsional Penyuluh Hukum Ahli Madya Alhamadi,SH yang mewakili Asisten Deputi Fasilitasi Hukum dan Konsultasi Usaha, Deputi Bidang Usaha Mikro, Kementerian Koperasi dan UKM pada acara pembukaan kegiatan beberapa waktu lalu.

Untuk itu kata Alhamadi, pemerintah melakukan terobosan untuk meningkatkan pemahaman usaha mikro dari berbagai aspek. Salah satunya tentang cara mengelola, membangun dan membesarkan usaha mikro serta pentingnya perizinan sebagai legalitas berusaha.

Untuk memberikan pemahaman atas materi dimaksud, Kementerian Koperasi dan UKM menghadirkan narasumber yang kompeten dibidangnya yaitu Bapak Budi Suryanto CEO dan Founder Narana Group dan Ibu Prof.Dr.Mas Rahmah,SH,MH,LLM Lektor Kepala Fakultas Hukum Universitas Airlangga.

Selain itu, untuk mengatasi keterbatasan akses usaha mikro dalam rangka penyelesaian masalah hukum yang sedang dihadapi terkait kegiatan usaha, sesuai amanat Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2021 tentang Kemudahan, Pelindungan dan Pemeberdayaan Koperasi dan UMKM, khususnya dalam upaya pelindungan dan pemberdayaan, akan disampaikan program fasilitasi untuk membantu penyelesaian masalah hukum yang terkait kegiatan usaha melalui program layanan bantuan dan pendampingan hukum bagi Pelaku Usaha Mikro dan Kecil (LBPH-PUMK).

Sejalan dengan Program Bupati

Sementara itu, dalam sambutannya Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sidoarjo Mohamad Edi Kurniadi, ST,MM menyambut baik dan memberikan apresiasi atas diselenggarakannya kegiatan temu konsultasi usaha tentang cara mengelola, membangun dan membesarkan usaha mikro serta pentingnya perizinan bagi usaha mikro oleh Kementerian Koperasi dan UKM.

Edi menilai, temu konsultas yangii bertujuan untuk memberikan pemahaman, agar pelaku usaha mikro dapat menjalankan usahanya dengan tata kelola yang lebih baik dan pentingnya perizinan sebagai upaya mendorong transpormasi usaha mikro untuk menjadi lebih formal, sangat positif.

” Kegiatan ini juga sejalan dengan 17 program Bupati Sidoarjo diantaranya tentang perizinan usaha mikro dan 20 ribu usaha mikro dan kecil naik kelas,” tambah Edi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.