Menteri Teten Sebut Jakarta Jadi Showcase Produk UMKM dari 34 Provinsi

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki saat melakukan kunjungan ke Gedung Sarinah, Jakarta (Dok Beritakota.id)

Beritakota.id, Jakarta – Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki mengatakan peran Jakarta sebagai showcase produk UMKM dari 34 provinsi harus diperkuat sehingga diharapkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuka peluang dan kesempatan kepada daerah-daerah agar mengoptimalkan peran tersebut.

“Jadi, Jakarta sebagai showcase produk UMKM dan window market dari luar, harus terus diperkuat,” kata MenKopUKM Teten Maaduki usai pembukaan acara Jakarta Kreatif Festival (JaKreatiFest) 2022, kepada wartawan, di Jakarta, Kamis (16/6).

MenKopUKM pun mengapresiasi langkah Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang sudah menyiapkan satu ekosistem bisnis bagi UMKM untuk naik kelas dengan menyelenggarakan JaKreatiFest 2022.

“Saya berharap daerah lain pun melakukan hal yang sama dalam mengembangkan produk UMKM,” kata Menteri Teten.

MenKopUKM meyakini, seluruh produk UMKM yang ada di JaKreatiFest sudah melalui proses seleksi dan kurasi yang ketat. Sehingga, produk-produk yang ditampilkan benar-benar yang berkualitas dan berkelas. “Ini sebenarnya yang dibutuhkan UMKM, dimana produknya dikurasi dengan baik,” kata Menteri Teten.

MenKopUKM juga optimistis ajang JaKreatiFest bisa memacu kreativitas dan inovasi model bisnis bagi UMKM. “Terlebih lagi, sekarang ini, mal-mal besar sudah membuka ruang yang luas untuk produk UMKM. Karena, memang, kualitas produk UMKM kita tidak kalah dengan produk impor,” ucap Menteri Teten.

Di tempat yang sama, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menegaskan bahwa pihaknya akan terus meningkatkan kolaborasi dan kemitraan semacam ini, sehingga dapat meningkatkan daya saing dari produk UMKM.

“Kegiatan seperti JaKreatiFest ini dapat memberikan dampak positif dan memotivasi pelaku UMKM dan ekonomi kreatif dalam meningkatkan daya saingnya,” kata Wagub DKI.

Sementara itu, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jakarta Onny Widjanarko menjelaskan, acara ini bertujuan untuk memperkuat sinergi, koordinasi, dan kolaborasi dalam memajukan UMKM melalui strategi penguatan hilirisasi produk-produk unggulan dan perluasan akses keuangan digital.

Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat mengangkat UMKM agar dapat naik kelas, melalui perluasan akses pasar UMKM, baik melalui digitalisasi maupun UMKM go export.

Menurut Onny, JaKreatiFest bertema Jakarta Punya lnovasi, Bersama Perkuat Pemulihan Ekonomi dengan tagline Kreatif, lnovatif, lnspiratif, akan menjadi sebuah gerakan mendukung UMKM dalam pemulihan ekonomi nasional.

“Program rutin tahunan dari BI ini merupakan momentum yang pas karena berkaitan dengan gelaran Jakarta Hajatan Ke-495. Kita akan terus menyediakan ruang bagi UMKM untuk berkapasitas, berkualitas, dan naik kelas,” kata Onny.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.