Beritakota.id, Jakarta – Dalam rangka memperingati International Housekeeping Week, Archipelago International kembali menggelar ajang kompetisi bergengsi Archipelago Bed Making Battle: The Grand Championship 2025. Acara ini merupakan bentuk apresiasi atas dedikasi, profesionalisme, serta ketelitian para tim housekeeping yang menjadi garda terdepan dalam menciptakan kenyamanan bagi tamu di seluruh jaringan hotel Archipelago.

Kompetisi tingkat nasional ini berlangsung pada Senin, 29 September 2025 lalu di Aston Kuta Hotel & Residence, Bali, dan diikuti oleh tujuh finalis housekeeper terbaik dari berbagai wilayah di Indonesia. Mereka terpilih melalui proses seleksi ketat pada kompetisi Regional Bed Making Battle yang diadakan di masing-masing hotel sebelumnya.

Dalam kompetisi ini, para finalis ditantang untuk menyelesaikan proses merapikan tempat tidur hanya dalam waktu tiga menit, dengan penilaian yang mencakup aspek kecepatan, kerapian, teknik, akurasi, dan presentasi keseluruhan. Standar yang digunakan pun mengikuti protokol pelayanan premium di seluruh jaringan Archipelago.

Tujuh finalis berasal dari berbagai unit hotel Archipelago di seluruh Indonesia yakni, Aston Denpasar Hotel & Convention Center, Aston Batam Hotel & Residence, Aston Sentul Lake Resort & Conference Center, Aston Kupang Hotel & Convention Center, Aston Inn Mataram, fave+ hotel Banjarbaru dan fave hotel Bitung – North Sulawesi.

Proses penjurian dilakukan oleh dewan juri internal Archipelago yang terdiri dari Sari Kusumaningrum sela Senior Director of Corporate Communications & PR, I Gede Arya Pering Arimbawa selaku Regional General Manager, Berri Naurika selaku Regional General Manager dan Gusti Cayaningrat sebagai General Manager Aston Canggu Beach Resort.

Tak hanya kompetisi, Bed Making Battle 2025 juga dirangkai dengan berbagai sesi inspiratif. Salah satunya adalah talk show bertema “The Importance of Housekeeping as a Backbone of Hotel Operations” yang menampilkan kisah sukses para General Manager yang memulai karier dari dunia housekeeping. Mereka adalah Gusti Cayaningrat saat ini sebagai GM Aston Canggu Hotel & Resort, Oka B. Cahyani saat ini GM fave hotel Sunset Seminyak dan Yono Sulistyo yang saat ini sebagai GM Quest Hotel San Denpasar

Selain itu, sesi khusus juga dihadirkan oleh Massindo Group (Spring Air Hospitality) bertajuk “Sleep Solution & Product for Hospitality”, yang membahas inovasi teknologi dan produk terbaru di bidang housekeeping, khususnya pada sistem tidur dan kenyamanan tamu.

Baca juga : Liburan Sekolah Lebih Berkesan Di Aston Pluit

Kegiatan ini turut dihadiri oleh siswa-siswi sekolah perhotelan serta para undangan, menjadikannya sebagai ajang kolaborasi dan berbagi praktik terbaik antar pelaku industri perhotelan.

Puncak acara ditandai dengan penobatan pemenang Archipelago Bed Making Battle: The Grand Championship 2025, yang diraih oleh Imanuddin dari Aston Sentul Lake Resort & Conference Center. Imanuddin, yang sebelumnya juga berhasil menjadi juara tingkat regional, membuktikan konsistensinya di tingkat nasional. Dalam wawancaranya, ia menyampaikan:

“Saya sangat bersyukur dapat kembali memenangkan kompetisi Archipelago Bed Making Battle. Kunci utama yang saya lakukan adalah terus latihan, bahkan hingga dua menit, untuk memastikan presentasi tempat tidur sempurna. Terima kasih kepada Archipelago dan manajemen Aston Sentul yang telah mempercayai saya.”

Para pemenang menerima trofi bergilir nasional, trofi kemenangan pribadi, uang tunai, serta berbagai hadiah menarik dari panitia dan sponsor, termasuk dari King Koil, Spring Air, dan Avanti Linen & Towel.

Senior Vice President of Operations Archipelago, Winston Hanes, menegaskan pentingnya kompetisi ini sebagai bentuk dukungan perusahaan terhadap tim housekeeping:

“Acara ini mencerminkan kerja keras dan dedikasi tim housekeeping kami dalam memperhatikan setiap detail serta menghadirkan pelayanan terbaik bagi para tamu. Inisiatif ini menjadi wujud komitmen Archipelago untuk terus mengapresiasi dan mendorong pengembangan tim housekeeping di seluruh jaringan kami.”

Dengan terselenggaranya kompetisi ini, Archipelago terus memperkuat komitmennya dalam menjaga standar layanan tertinggi serta memberikan pengakuan nyata terhadap peran penting housekeeping dalam operasional hotel yang sukses. (Herman Effendi / Lukman Hqeem)