Beritakota.id, Jakarta – Liburan semestinya menjadi momen menyenangkan untuk melepas penat dan mempererat hubungan dengan keluarga maupun teman. Namun kenyataannya, proses perencanaan dan pemesanan kerap menjadi sumber stres bagi banyak wisatawan Indonesia. Menurut laporan YouGov: Booking Burnout – Indonesia Travel Stress Report 2025, sebanyak 54 persen wisatawan Indonesia merasa stres saat melakukan proses booking liburan. Kebingungan dalam memilih akomodasi, transportasi, hingga aktivitas wisata menjadi tantangan tersendiri, terutama saat waktu liburan terbatas.

“Banyak tamu kami berharap liburannya dipenuhi momen seru bersama keluarga atau teman. Tapi kenyataannya, banyak waktu mereka habis hanya untuk menyusun itinerary atau mencari aktivitas saat tiba di lokasi,” ujar Khalvin Tan, Strategy Project Manager Bobobox dalam keterangan resminya kepeda beritakota.id, Senin (22/9).

“Apalagi saat musim liburan, aktivitas populer sering kali sudah habis dipesan sebelum mereka sampai,” tambahnya.

Menjawab tantangan ini, Bobobox resmi meluncurkan Boboplay, sebuah kanal digital yang memudahkan tamu Bobocabin merencanakan dan memesan aktivitas liburan bahkan sebelum check-in. Platform ini dirancang untuk menghadirkan pengalaman liburan yang lebih praktis, terencana, dan bebas stres.

Melalui Boboplay, wisatawan dapat menemukan aktivitas yang sesuai dengan preferensi mereka—mulai dari lokasi, jenis kegiatan, hingga rentang harga. Saat ini, lebih dari 140 aktivitas di 19+ lokasi Bobocabin di seluruh Indonesia tersedia di platform ini, dan dapat dibandingkan langsung dalam satu tampilan terintegrasi.

“Boboplay adalah bagian dari komitmen Bobobox untuk menciptakan pengalaman menginap yang lebih mudah dan menyeluruh. Kami ingin membantu tamu menikmati liburan dengan lebih tenang karena semua sudah bisa direncanakan dari jauh-jauh hari,” terang Khalvin.

Langkah ini sejalan dengan tren akhir tahun 2025 yang menunjukkan peningkatan minat pada liburan singkat (short getaway) dan perjalanan keluarga besar, di mana efisiensi waktu dan kemudahan perencanaan menjadi faktor penting.

Baca juga : BookCabin Promo Spesial Mudik Lebaran 2025

Data internal Bobobox menunjukkan bahwa sekitar 60 persen tamu Bobocabin membeli layanan tambahan seperti makanan, minuman, dan aktivitas selama menginap. Angka ini menegaskan bahwa wisatawan saat ini semakin menginginkan pengalaman liburan yang lebih komprehensif dan terintegrasi.

Boboplay kini sudah bisa diakses melalui laman play.bobobox.com serta di aplikasi Bobobox yang tersedia di Play Store dan App Store.(Herman Effendi / Lukman Hqeem)