Beritakota.id, Jakarta – Industri pariwisata Indonesia terus menunjukkan geliat positif, terutama pada segmen wisata dengan minat khusus seperti olahraga air dan petualangan alam. Menjawab tren tersebut, Dyandra Event Solutions kembali menghadirkan pameran tahunan Deep and Extreme Indonesia (DXI) 2026, yang akan digelar pada 23–26 April 2026 di Hall A-B, Jakarta International Convention Center (JICC).

Mengusung tema #DAREtoXPLORE: Waves Of Collaboration, DXI 2026 menekankan pentingnya kolaborasi lintas sektor dalam mendorong pertumbuhan pariwisata Indonesia, baik dari sisi bisnis, komunitas, hingga promosi destinasi.

“DXI 2026 berkolaborasi dengan ADEX 360 sebagai langkah strategis membuka peluang lebih luas di industri ini, tidak hanya B2B dan B2C tetapi juga destinasi. ADEX sendiri memiliki jaringan di berbagai negara seperti Jepang, Singapura, Filipina hingga Australia,” ucap Michael Bayu A. Sumarijanto, President Director Dyandra Event Solutions dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (23/9).

Baca juga : Dyandra Optimis Kinerja Bisnis Makin Moncer di 2024

Michael menambahkan bahwa kehadiran ADEX sebagai mitra strategis memperkuat posisi DXI sebagai bagian dari komunitas industri laut dan petualangan dunia.

Irfant Rifani, Project Manager DXI 2026, menyebutkan bahwa edisi tahun depan akan membawa pendekatan yang lebih kolaboratif. Tidak hanya bersama ADEX, DXI juga akan melibatkan berbagai pemangku kepentingan mulai dari distributor alat, brand petualangan, agen perjalanan, destinasi wisata, hingga digital creator.

“DXI 2026 bukan hanya soal pameran, tapi menjadi wadah sinergi bagi seluruh pelaku industri. Kami hadirkan program pre-event dan on-event yang dirancang untuk memperkuat posisi Indonesia sebagai destinasi wisata petualangan kelas dunia,” ujarnya.

DXI 2026 akan membagi area pameran ke dalam dua zona utama, yakni Hall A menampilkan beragam atraksi petualangan laut seperti Scuba Experience, Mermaid Show, Underwater Dance Competition, dan lainnya. Hall B untuk petualangan Darat & Udara yang menghadirkan aktivitas Overland, Moto Adventure, Mountaineering, Paragliding, Tactical Airsoft, dan petualangan ekstrem lainnya.

Mengikuti perkembangan era digital, DXI 2026 akan menggandeng banyak Content Creator sebagai bagian dari strategi promosi dan pengembangan ekosistem pariwisata digital. Kolaborasi ini diharapkan dapat menarik minat generasi muda terhadap wisata petualangan serta memberikan kontribusi nyata terhadap perekonomian daerah dan nasional.

“Kami ingin DXI 2026 menjadi platform kolaboratif yang mampu membawa dampak positif, baik dari segi kunjungan wisata maupun pertumbuhan ekonomi di sektor ini,” kata Irfant.

John Thet, CEO ADEX, turut menyampaikan dukungannya terhadap kolaborasi ini. Menurutnya, DXI adalah mitra strategis dalam membangun komunitas diving dan ekosistem industri selam yang berkelanjutan di Indonesia.

“Saya percaya bahwa bekerja sama adalah kunci untuk mengembangkan komunitas dan industri ini. DXI selalu punya tempat penting dalam jaringan ADEX,” pungkas John. (Herman Effendi / Lukman Hqeem)