Gelar Public Expose, SAP Express Bukukan Laba Bersih Rp Rp18,17 Miliar

SAP Express

Beritakota.id, Jakarta –  PT Satria Antaran Prima Tbk atau lebih dikenal sebagal SAP Express (Perseroan) merupakan perusahaan jasa pengiriman yang didirikan dan mulai beroperasl pada tahun 2014, sejak itu SAP menandai dirinya di antara perusahaan Kurir Ekspres dan Loglstlk terkemuka dl Indonesia. Saat ini SAP Express memiliki jaringan pengiriman hampir ke seluruh destinasi di Indonesia.

Dalam perjalanannya yang masih belia SAP Express tercatat sebagai pelopor kurir berbasis android dan salah satu perusahaan kurir pertama yang tercatat sebagai perusahaan publik pada 3 Oktober 2018.

Di usia yang ke lima, SAP Express mengalami pertumbuhan usaha yang cukup baik, hingga kuartal 3 tahun 2019, SAP Express telah mencatat pendapatan sebesar Rp274,91 miliar, angka ini lebih tinggi dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya yang hanya mencatat Rp158,73 miliar. Demikian juga dengan profitability, hingga semester 3 tahun 2019, SAP Express tercatat membukukan laba bersih sebesar Rp18,17 miliar meningkat sangat signifikan dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya yang masih mencatat kerugian sebesar Rp 918,25 juta.

Kenaikan pendapatan dan Iaba bersih ini memang sudah diprediksi oleh Perseroan sebagai imbas positif dari maraknya transaksi penjualan ritel melalui eCommerce yang melibatkan aktivitas pengiriman barang.

“Sebagai gambaran atas perkembangan dunia eCommerce yang pesat ini, Perseroan mengutip data yang dirilis oleh Statista Digital Market Outlook pada tahun 2017, penjualan eCommerce di Indonesia pada tahun 2018 diperkirakan mencapai Iebih dari AS$8,5miliar, naik sebesar 49% dibandingkan dengan tahun 2016 yang tercatat sebesar AS$5,8 miliar. Masih dari sumber yang sama, pada tahun 2022, penjualan eCommerce di Indonesia diperkirakan mencapai Iebih dari AS$16,4miliar atau bertumbuh rata-rata sebesar 18% setiap tahunnya sejak 2018.

Hal tersebut secara nyata dibuktikan dengan menjamurnya beragam pilihan barang yang telah tersedia di berbagai platform eCommerce di Indonesia, yang pada beberapa tahun lalu bahkan belum terpikirkan oleh masyarakat, mulai dari pakaian, perlengkapan bayi, hingga makanan, aksesoris dan perlengkapan otomotif serta obat-obatan.

Dengan teknologi yang dikembangkannya, sistem user interface SAP Express dapat digunakan oleh semua platform eCommerce karena mampu diintegrasikan secara langsung melalui applicaton programming interface (API).

Selain aktif mensupport bisnis eCommerce, perseroan juga menawarkan jasa pengiriman dalam dan luar kota, jasa pengiriman Internasional & kargo, jasa distribusi, mailing room, pengiriman melalui transportasi darat, laut & udara, cash on delivery, dan dedicated courier. Layanan cash on delivery dan dedicated courier menjadi salah satu kekuatan utama Perseroan dalam peta persaingan antar sesama perusahaan jasa delivery lain. Untuk pengiriman dalam negeri sendiri, perseroan menawarkan paket Same Day Service, One Day Service, dan Regular Service.

Sebagai salah satu perusahaan jasa pengiriman dengan pertumbuhan tercepat di tanah air, perseroan sejak berdiri 2014 telah membuka lapangan pekerjaan bagi lebih dari 2.400 orang karyawan.

Selain itu, perseroan telah mengoperasikan 430 armada pengiriman yang terdiri Blind van, carry box dan MPV serta ribuan sepeda motor untuk pengiriman last mile.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *