Beritakota.id, Jakarta – Astro, platform e-grocery shopping di Indonesia, hari ini resmi memperkenalkan kampanye “ADA YANG BARU, ADA YANG BIRU” dengan meluncurkan identitas dan logo terbaru.
Inisiatif ini menunjukkan komitmen Astro untuk terus berkembang dan memenuhi kebutuhan pelanggan yang dinamis. Sebagai bagian dari kampanye, Astro meluncurkan layanan “Jaminan Garansi” yang menjamin penggantian barang baru jika produk yang diterima pelanggan bermasalah dan penggantian 100% ongkir jika pesanan terlambat.
Dalam peluncuran kampanye ini, Astro mengajak puluhan pengemudi untuk melakukan konvoi di Jakarta, menampilkan logo, seragam, dan identitas biru baru mereka. Vincent Tjendra, Co-founder & CEO Astro, menyatakan, identitas biru yang baru mencerminkan pendekatan modern dan berpusat pada pelanggan, memperkuat peran Astro sebagai #TemanAndalan.
Baca Juga: Astro Sediakan Layanan 24/7 Bagi Pelanggan Selama Ramadan
‘’Kampanye ini mempertegas komitmen kami untuk memberikan pengalaman belanja yang aman dan nyaman melalui berbagai inovasi dalam layanan dan produk. Dengan memperluas layanan, kami ingin memberikan kemudahan bagi pelanggan di lebih banyak lokasi di wilayah Jadetabek,’’ ujar dia.
Pasar e-commerce Indonesia diperkirakan akan melampaui $53 miliar pada tahun 2025, menunjukkan peningkatan kepercayaan konsumen dalam belanja online dan sistem pembayaran digital. Indonesia kini menjadi pasar e-commerce terbesar ketiga di dunia, setelah China dan Amerika Serikat, berkat pendapatan per kapita yang lebih tinggi, akses internet yang luas, dan urbanisasi.
Menurut laporan L.E.K. Consulting, 96% populasi Indonesia memiliki ponsel, dengan 76% di antaranya memiliki akses internet. Lebih dari 65% populasi berada di bawah usia 44 tahun, menunjukkan perilaku belanja impulsif yang tinggi.
Demografi dan perilaku belanja ini menunjukkan peluang besar untuk mengembangkan pasar e-groceries di Indonesia, dengan penetrasi pasar yang diperkirakan tumbuh dari 1% pada tahun 2020 menjadi 3% pada tahun 2024.
Program jaminan saat berbelanja berperan penting dalam membangun kepercayaan konsumen terhadap transaksi online.
Laporan dari Nielsen menyatakan bahwa 72% konsumen Indonesia lebih memilih situs e-commerce yang menawarkan jaminan terhadap produk cacat atau palsu, meningkatkan kepercayaan mereka dalam transaksi online.
Hingga tahun 2023, Gross Merchandise Value (GMV) e-groceries di Indonesia mencapai $1 miliar, dengan Astro menguasai 5% dari pasar e-groceries. Astro juga menjadi satu-satunya pemain quick commerce e-grocery di Indonesia, dengan pangsa pasar 100%.
“Astro menjamin pengiriman cepat dalam hitungan menit. Kami berkomitmen pada keunggulan operasional dan layanan yang berfokus pada pelanggan, memastikan pengalaman belanja yang lancar 24/7. Pendekatan ini menghemat waktu dan energi pelanggan, memungkinkan mereka fokus pada kesibukan sehari-hari. Jaminan garansi ini adalah bentuk komitmen kami untuk meningkatkan kepercayaan konsumen dalam transaksi online, memastikan Astro menjadi #TemanAndalan yang membuat berbelanja terasa aman dan nyaman,” ucap Felix Aprilio Rahardjo, VP of Channel Operations, Rabu (12/6/2024).
Hadir 24 jam sehari, 7 hari seminggu, Astro menyediakan lebih dari 15.000 produk kebutuhan harian, memastikan konsumen memiliki akses mudah dan cepat ke berbagai barang, mulai dari bahan makanan segar hingga produk kebersihan dan perlengkapan rumah tangga lainnya.
Melalui layanan terbaru Jaminan Garansi, jika terjadi kesalahan dalam pengiriman produk, Astro berkomitmen untuk segera memperbaiki tanpa penundaan, memastikan konsumen menerima produk yang sesuai dengan pesanan.
Klaim garansi dapat dilakukan dengan mudah melalui tiga langkah sederhana:
1. FOTO produk yang bermasalah.
2. SCAN QR code untuk terhubung ke Astro Care di aplikasi.
3. KLAIM untuk mendapatkan pengembalian dana.
Selain itu, konsumen tidak perlu khawatir tentang keterlambatan pengiriman karena Astro menjamin pengembalian uang 100% jika terjadi keterlambatan. Dengan komitmen ini, Astro terus memperkuat posisinya sebagai #TemanAndalan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat Indonesia dengan cara yang paling praktis dan terpercaya.
Respon (1)