Beritakota.id, Jakarta – Midea, produsen peralatan rumah tangga terbesar di dunia, sukses menggelar konferensi dealer regional pertamanya di kawasan Asia-Pasifik, Selasa (30/9). Acara ini menjadi momen strategis untuk memperkuat hubungan dengan mitra lokal sekaligus memperkenalkan lima solusi unggulan yang mencerminkan komitmen Midea dalam menghadirkan inovasi demi kenyamanan, efisiensi, dan keberlanjutan.
Zeal Jiang, Presiden Midea Asia Pacific, menjelaskan strategi pertumbuhan perusahaan di kawasan melalui pendekatan lokal, investasi teknologi, dan kolaborasi global. Dihadiri oleh para perwakilan dari berbagai negara Asia-Pasifik, acara ini juga menampilkan zona demonstrasi produk yang menunjukkan keunggulan teknologi Midea di berbagai sektor.
Baca juga : Midea Rayakan 15 Tahun di Indonesia dengan Aksi Lingkungan
Midea juga memperkenalkan lima inovasi yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga modern dan proyek industri berskala besar. Smart Master sebagai kumpulan teknologi cerdas berbasis AI yang tertanam dalam berbagai perangkat rumah tangga. Produk seperti kulkas dan air purifier pintar mampu mengenali pola penggunaan, menyesuaikan kondisi secara otomatis, dan terintegrasi dalam satu platform melalui Midea SmartHome App.
AI Ecomaster, yang memberikan solusi hemat energi sehingga mampu mengurangi konsumsi listrik hingga 30% dengan teknologi AI. Laporan penggunaan energi juga tersedia melalui aplikasi, membantu pengguna memantau dan mengoptimalkan konsumsi listrik secara real-time.
Midea menawarkan SPACE MASTER untuk hunian dengan keterbatasan ruang. Produk seperti kulkas, mesin cuci, dan dishwasher dirancang secara ringkas namun tetap berkapasitas besar, dengan desain elegan dan performa tinggi.
Menjawab tantangan iklim lembap Asia, Midea menghadirkan AC hunian dengan Prime Guard™, tabung tembaga TU1, dan pelapis Silver Shield. Dilengkapi fitur seperti HYPER GRAPFINS dan auto-dedusting, AC ini dirancang untuk kenyamanan maksimal dan ketahanan jangka panjang.
Solusi Midea Building Technologies seperti VC MAX VRF dan Magboost Apex chiller menawarkan efisiensi tinggi dan kemudahan instalasi untuk proyek retrofit dan komersial. Teknologi ini membawa efisiensi energi hingga 30% dan daya tahan luar biasa dengan perlindungan IP67.
Dalam upaya memperkuat posisinya di Asia-Pasifik, Midea mengandalkan pendekatan lokal yang mencakup produksi, layanan, hingga pelatihan teknisi. Dengan 63 pabrik global, termasuk 9 di Asia Tenggara diantaranya di Thailand, Vietnam, dan Indonesia, Midea menunjukkan keseriusannya terhadap pembangunan ekosistem industri di kawasan ini.
Pabrik Midea di Thailand, yang menyandang predikat sebagai Lighthouse Factory pertama di industri AC global oleh World Economic Forum, telah terhubung sepenuhnya dengan jaringan 5G dan mencatat efisiensi energi sebesar 40,2% per unit, serta pengurangan emisi karbon hingga 68,3%.
Midea telah menggelontorkan lebih dari USD 10 miliar untuk riset dan pengembangan dalam lima tahun terakhir, mempekerjakan lebih dari 23.000 profesional R&D, dan mengantongi lebih dari 100.000 paten. Perusahaan juga berencana menginvestasikan CNY 50 miliar (sekitar USD 6,96 miliar) untuk pengembangan AI, energi baru, robotika, dan embodied intelligence dalam tiga tahun ke depan.
Salah satu pencapaian inovatif yang tengah dikembangkan adalah robot humanoid rumah tangga “MIRA”, yang akan diluncurkan di ajang World AI Conference 2025.
Sementara itu, sebagai bagian dari inisiatif keberlanjutan, pada 28 September 2025, Midea bersama Yayasan Mangrove Indonesia Lestari menanam lebih dari 1.000 terumbu karang di kawasan Nusa Dua dan Lipah, Bali. Program ini merupakan bagian dari komitmen ESG Midea dalam mendukung pelestarian laut dan menjaga keberlanjutan lingkungan.
“Menanam terumbu karang bukan hanya tentang menyelamatkan laut, tetapi juga menjaga keanekaragaman hayati dan masa depan Bali yang berkelanjutan,” ujar Zeal Jiang.
Midea juga mengumumkan kerja sama sebagai Main Partner Sleeve Sponsor FC Barcelona, melengkapi portofolio sponsorship globalnya bersama Manchester City FC dan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC). Strategi ini menunjukkan komitmen Midea dalam menjangkau pasar global melalui semangat dan nilai-nilai universal olahraga.
Menurut Euromonitor International, Midea saat ini menduduki posisi nomor satu dunia dalam sembilan kategori produk. Melalui teknologi, kemitraan, dan komitmen sosial, Midea menegaskan langkahnya menuju visi menjadi pemimpin global di seluruh kategori peralatan rumah tangga. (Herman Effendi / Lukman Hqeem)
Tinggalkan Balasan Batalkan balasan