Beritakota.id, Jakarta – Sebagai bagian dari komitmen untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi kerakyatan dan memperkuat industri kreatif nasional, Bank Mandiri kembali menjadi mitra utama dalam penyelenggaraan Jakarta Coffee Week (Jacoweek) 2025 yang digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Hall 3–3A.
Kehadiran Bank Mandiri, bank dengan kode saham BMRI, menjadi wujud nyata dukungan terhadap pengembangan industri kopi tanah air yang kini tumbuh pesat sebagai bagian penting dari ekosistem ekonomi kreatif Indonesia.
Tahun ini, Jacoweek 2025 mengusung tema “A Decade of Passion”, menandai perjalanan satu dekade festival kopi terbesar di Indonesia. Lebih dari 200 brand lokal dan internasional di bidang kopi dan teh berpartisipasi, termasuk para pemenang penghargaan, ahli kopi, produsen, distributor mesin kopi, serta para petani kopi dari berbagai daerah di Indonesia.
Diah Eka Purwanti, Senior Vice President Digital Marketing Bank Mandiri, mengatakan bahwa partisipasi Bank Mandiri dalam Jacoweek 2025 merupakan komitmen dalam memperkuat budaya kopi Indonesia sekaligus menyinergikan gaya hidup masyarakat modern dengan inovasi layanan digital perbankan.
“Bank Mandiri melihat potensi besar dari perhelatan Jacoweek 2025 dan bangga dapat mendampingi perjalanan satu dekade kemajuan industri kopi Indonesia. Kopi kini telah menjadi bagian penting dari gaya hidup konsumen modern. Karena itu, kehadiran kami di Jacoweek 2025 menegaskan posisi Bank Mandiri sebagai partner banking andalan yang mendukung kebutuhan gaya hidup sekaligus finansial masyarakat,” ujar Diah, Selasa (28/10).
Untuk memeriahkan perayaan satu dekade ini, Bank Mandiri menghadirkan beragam program promo menarik, termasuk diskon tiket masuk dan bonus transaksi non-tunai melalui QRIS Livin’, E-Money, serta Kartu Debit dan Kredit Mandiri. Pengunjung juga bisa memperoleh tiket spesial seharga Rp25.000 (harga normal Rp50.000) dengan transaksi menggunakan produk digital Mandiri, serta menikmati promo “Beli 3 Cangkir Gratis 2 Tiket Jacoweek 2025” di merchant terpilih.
Hendri Kurniawan, Co-Founder Jakarta Coffee Week, menuturkan bahwa sejak pertama kali digelar sepuluh tahun lalu, Jacoweek terus bertransformasi dari sekadar ruang komunal menjadi platform strategis bagi pelaku industri kopi nasional dan internasional.
“Kami bangga melihat bagaimana kualitas kopi Indonesia kini semakin diakui dunia dan barista-barista kita mampu berprestasi di ajang internasional. Selama satu dekade, kami membangun fondasi edukasi dan kolaborasi yang kuat untuk memastikan industri kopi Indonesia tumbuh berkelanjutan,” ungkap Hendri.
Tema “A Decade of Passion” mencerminkan semangat dan dedikasi seluruh insan kopi — mulai dari petani, barista, roaster, pelaku usaha, hingga para penikmat kopi untuk terus menghidupkan budaya dan inovasi dalam setiap cangkir kopi Nusantara.
Jacoweek 2025 juga menghadirkan kolaborasi menarik bersama Indonesia Tea Culture, memperluas cakupan festival dari kopi ke budaya teh seiring meningkatnya tren konsumsi teh di kalangan generasi muda. Selain itu, Jacoweek menggandeng Tokyo Coffee Festival, salah satu festival kopi paling populer di Jepang, guna membuka peluang kolaborasi internasional yang lebih luas bagi pelaku industri kopi Indonesia.
Sebagai langkah menuju keberlanjutan, Jacoweek 2025 bekerja sama dengan Daur Baur Micro Factory untuk mengolah limbah gelas plastik selama acara berlangsung, dimana sebuah inisiatif kecil yang menunjukkan komitmen terhadap praktik ramah lingkungan di industri kopi.
Festival tahun ini semakin semarak dengan hadirnya lima kompetisi utama, yaitu:
1. Delifru Drink Expert
2. Iron Tongue by Young Baek
3. Tarung Tiga
4. Nordic E-Roasting Challenge
5. Roemah Koffie Latte Art Competition 2025
Tak hanya itu, Jacoweek juga memperkenalkan Matcha Match, kompetisi baru hasil kolaborasi dengan Indonesia Tea Culture yang ditujukan bagi para pecinta matcha di Indonesia.
Salah satu brand yang paling dinantikan kehadirannya adalah Roemah Koffie, yang kembali berpartisipasi dengan skala lebih besar.
“Kami bangga dapat kembali menjadi bagian dari Jacoweek, terlebih di momen spesial satu dekade ini. Melalui Roemah Koffie Latte Art Competition 2025, kami ingin terus menumbuhkan kreativitas dan semangat kolaborasi di kalangan barista Indonesia,” ujar Felix TJ, CEO Roemah Koffie.
Hendri Kurniawan menutup dengan harapan agar Jacoweek terus menjadi jembatan kolaborasi yang kuat dan berdampak.
“Kami ingin semua pelaku industri bisa saling menggandeng untuk memastikan pertumbuhan industri kopi Indonesia terus maju dan berkelanjutan,” ujarnya.
Keberhasilan penyelenggaraan Jacoweek 2025 tak lepas dari dukungan berbagai sponsor dan mitra, termasuk Anchor Food Professionals Indonesia, PUQ Coffee Indonesia, PT Sumber Kurnia Alam, Delifru Flavor Expert, Ellenka Professional, NOD, Maharaja Coffee, Sudi Jaya Group, Ritz Crackers, dan Indomilk FnB Solutions sebagai Official Milk Sponsor.
Dengan semangat “A Decade of Passion”, Jakarta Coffee Week 2025 tak hanya menjadi perayaan budaya kopi, tetapi juga tonggak penting perjalanan ekonomi kreatif Indonesia menuju masa depan yang lebih inovatif dan berkelanjutan. (Herman Effendi / Lukman Hqeem)


