Kadin Indonesia Gandeng eduCLaaS untuk Dorong Percepatan Digitalisasi Anggota

Kadin Indonesia Gandeng eduCLaaS untuk Dorong Percepatan Digitalisasi Anggota
Kadin Indonesia Gandeng eduCLaaS untuk Dorong Percepatan Digitalisasi Anggota

Beritakota.id, Surakarta – Kadin Indonesia menggandeng eduCLass, platform pendidikan berbasis cloud yang menyediakan Competency Learning as a Service (CLaaS).

Berbeda dari sekadar mendigitalisasi pendidikan, eduCLaaS mengadopsi pendekatan kurikulum berbasis kompetensi, pembelajaran berbasis kerja, dan pelatihan pembelajaran campuran. eduCLaaS bertujuan untuk menghubungkan kesenjangan keterampilan digital di Asia.

Sejak ekspansi ke Indonesia pada 2018, eduCLaaS telah bekerja sama dengan perguruan tinggi untuk mencetak SDM siap kerja yang memiliki softskill digital. Pada 2022, eduCLaaS membuka unit usaha enterprise untuk memenuhi kebutuhan industri di Indonesia. Pada 2023, eduCLaaS dan Kadin menandatangani MoU “Member KADIN Go Digital” untuk mengembangkan dan melakukan transformasi digital anggota Kadin.

CEO eduCLaaS, Leslie Loh, mengatakan transformasi digital menjadi hal penting bagi pelaku usaha untuk menghadapi ekonomi digital.

Baca juga: Kadin Indonesia Dorong Industri Hijau Pasca COP28

Di era ekonomi digital yang semakin inklusif, menurut Leslie Loh, digitalisasi membantu pelaku usaha dalam mengoptimalkan operasional, meningkatkan efisiensi, memperluas jangkauan bisnis, menciptakan pasar dan peluang baru, serta diharapkan bisa menjadi bagian dari rantai pasok ekonomi global (global value chain). Di sinilah peran Kadin sangat strategis untuk membantu anggotanya naik kelas dan mampu bersaing secara global, Jumat (31/5/2024) lalu di Surakarta.

Serangkaian workshop digital bagi anggota Kadin telah dilakukan bersama eduCLaaS. Salah satunya adalah workshop Digital Marketing dan Content Marketing di Solo yang baru saja digelar dalam rangkaian Solo Great Sale 2024.

Sebagai penyelenggara Solo Great Sale, Kadin Indonesia bersama Kadin Kota Surakarta membuktikan komitmennya untuk meningkatkan pelaku usaha, khususnya UMKM di kawasan Soloraya, agar dapat bersaing lebih baik di pasar yang semakin kompetitif melalui pameran dan promosi produk UMKM serta destinasi wisata.

Ketua Kadin Surakarta, Ferry S. Indrianto, mengatakan workshop ini bertujuan untuk mendukung program “Ayo Berkadin” agar anggota Kadin Soloraya dapat naik kelas dengan memanfaatkan teknologi digital. “Dengan digitalisasi, kita dapat membawa UMKM naik ke level yang lebih tinggi, meningkatkan daya saing, dan pada akhirnya berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi daerah,” tandas Ferry S. Indrianto.

Baca juga: Innovillage: Peran Strategis Kampus Unggulan dalam Pembangunan Digitalisasi di Indonesia

Sejumlah materi yang diajarkan dalam workshop tersebut meliputi pengenalan dasar-dasar digitalisasi, cara membuat dan mengelola toko online, hingga strategi pemasaran digital yang efektif melalui media sosial dan berbagai instrumen digital lainnya.

eduCLaaS tidak hanya memberikan materi tentang Digital Marketing dan Content Marketing, tetapi juga menyediakan konsultasi mendalam yang membantu peserta menemukan solusi konkret menghadapi tantangan dalam proses digitalisasi.

Menurut Leslie Loh, eduCLaaS Indonesia tahun ini akan merambah pasar enterprise atau konglomerat. “Kami tidak hanya menyediakan pelatihan transformasi digital, namun juga membentuk talenta yang memiliki softskill mumpuni dan siap kerja,” ucap Leslie Loh.

Salah satu visi eduCLaaS adalah menjadi partner terbaik bagi perusahaan untuk membantu transformasi digital usaha dalam menghadapi ekonomi digital, serta menjadi jembatan antara pemerintah, pendidikan, dan swasta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *