Dorong MLM lokal berjaya dalam negeri
Saat ini dengan 104 keberadaan perusahaan MLM yang berada di naungan APLI 40 persennya perusahaan MLM/ DS dari luar negeri dan sisanya perusahaan MLM/ DS lokal. Dan market industri ini, di dalam negeri sendiri masih sangat besar dan belum terjangkau maksimal.
“SDM profesional dalam pemasaran dan kuat di pasar lokal adalah cikal bakal MLM lokal untuk bisa jaya di internasional,” ujarnya.
Dirinya pun mencontohkan salah satu perusahaan MLM besutan Brazil yaitu, MLM Naturan yang saat ini memiliki omzet hingga 2 miliar USD, hanya di Brazilnya sendiri tidak terlalu besar, tapi setelah itu MLM Naturan ini besar di luar, seperti di Indonesia ini, karena market Indonesia memang besar.
Ia mengatakan perusahaan lokal harus punya pondasi yang kuat.“Bagimana kita mau keluar di dalam saja pasarnya belum terserap. Sebab itu, APLI selalu membekali kepada anggotanya dengan modul bagaimana mengurus perpajakan, tata kelola perusahaan, rantai pasok produk barang, mengelola marketing, pengelolaan manajemen yang tepat dan lainnya,”terang Kany.
“APLI juga bekerja sama dengan berbagai perguruan tinggi untuk memberi materi MLM/ DS bahkan berencana untuk dibuatkan prodi MLM/ DS guna menciptakan SDM unggul di bidang pemasaran industri MLM/ DS,” ungkapnya mengakhiri.