Milenial Diminta Jadi Inkubator Bagi Munculnya Benih Entrepreneur di Kalangan UMKM

UMKM yang Mampu Bertahan dan Tumbuh

Lebih lanjut MenkopUKM mengatakan, dari pengalaman selama ini di tengah pandemi covid, pihaknya juga melihat ada UMKM yang memang bisa bertahan bahkan tumbuh yaitu UMKM yang sanggup melakukan adaptasi bisnis, melakukan reorientasi usaha, dan inovasi produk serta bisa merespon perkembangan pasar yang baru.

banner 336x280

“Kita tahu pandemi Covid membuat adanya pembatasan pergerakan orang, sekarang penjualan di online meningkat kalau kita bandingkan kuartal II tahun 2019 saat ini tumbuh 25% lebih dibandingkan kuartal II tahun lalu terutama penjualan pokok makan minum, kebetuhan pemeliharaan kesehatan, pendidikan atau sekolah. Nah ini saya kira market yang baru beberapa UMKM yang di 1 atau 2 bulan awal kemaren seperti industri fashion termasuk juga restaurant banyak yang tutup, mereka berhasil melakukan adaptasi bisnis. Ini sebagai contoh saja misalnya pedagang batik di berbagai daerah yang 2 bulan pertama mereka hampir tidak ada penjualan tapi akhirnya mereka banting setir memproduksi pakaian rumah daster celana pendek dan lain sebagainya, penjualan mereka langsung meningkat, sama juga yang sekarang banyak restaurant tutup mereka membuat makanan siap saji, siap dimasak, dll kemudian mereka menggunakan aplikasi digital kemudian penjualan cukup lumayan,” jelas MenkopUKM.

banner 728x90
Exit mobile version