Musim Libur, Jumlah Penumpang Whoosh Naik 29 Persen

Jumlah penumpang Whoosh naik 29 persen dan tiket yang sudah terjual sebanyak 105 ribu tiket
Jumlah penumpang Whoosh naik 29 persen dan tiket yang sudah terjual sebanyak 105 ribu tiket

Beritakota.id, Jakarta – PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) selaku operator layanan kereta cepat Whoosh mengatakan selama musim libur panjang ini ada kenaikan penumpang 29 persen atau tiket yang sudah terjual sebanyak 105 ribu tiket dari jadwal hari-hari biasanya.

‘’Yang sudah diberangkatkan dalam tiga hari itu mencapai 66 ribu penumpang. Untuk hari ini saja tiketnya yang sudah terjual mencapai 19 ribu tiket yah sampai dengan tadi pagi dan diprediksi akan mencapai 21 ribu penumpang hingga keberangkatan terakhir nanti malam,’’ ujar Corporate Communication PT KCIC, Emir Monti dalam keterangan persnya kepada awak media, Senin (27/1/2025).

Emir mengatakan, musim libur kali ini ada peningkatan 29 persen, jika dibandingkan dengan hari biasa sekitar 17 ribu penumpang per hari.

Baca Juga: ODGJ Ganggu Perjalanan Kereta Cepat Whoosh, Kok Bisa?

Lanjutnya, sejak 2024 pihak menerapkan tarif tiket dinamis untuk kelas premium dan ekonomi. Dimana tarifnya menyesuaikan jam keberangkatan, hari keberangkatan, rute kemudian momen sehingga tarifnya dapat berubah-ubah sesuai dengan jadwal keberangkatan.

KCIC setiap hari mengoperasikan 48 jadwal per hari dengan kapasitas 28 ribu tempat duduk. Secara total dari tanggal 24 sampai 29 Januari KCIC menyediakan sebanyak 173 ribu tempat duduk kereta cepat Whoosh.

KCIC juga bekerja sama dengan berbagai mitra untuk menghadirkan layanan integrasi antar moda baik yang berbayar maupun free. Untuk yang free di Padalarang ada  KA Feeder menuju Stasiun Cimahi dan Bandung.

Ada shuttle menuju hotel Mason Pind, kemudian di Tegalluar itu ada shuttle gratis ke Summarecon  Mall Bandung, shuttle gratis Jatinangor-Gor. Sementara bagi yang berbayar tersedia angkutan integrasi antar moda lainnya seperti di Halim ada LRT, ada shuttle ke Bandara Soekarno Hatta, shuttle ke Bandara Halim, TransJakarta, Trans Metro Pasundan, Grab, Damri, Taksi dan lainnya.

Berbagai upaya terus dilakukan KCIC untuk meningkatkan layanan para penumpang, terlebih saat musim libur. Karena itu, pihaknya melakukan penambahan jumlah tempat duduk di stasiun bagi penumpang yang ingin menunggu.

‘’Yang menunggu juga kita sediakan tenan-tenan baru ada kuliner, ritel dan UMKM di berbagai stasiun Whoosh, ‘’ pungkasnya.

 

Penulis: Fadli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *