Beritakota.id, Jakarta – Dalam rangka merayakan Hari Kopi Sedunia, TOP Coffee menyelenggarakan ajang Grand Final TOP GenZation 2.0 di Lippo Mall Nusantara, Jakart, Sabtu (11/10). Acara ini menjadi puncak seleksi bakat bagi siswa-siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) di berbagai bidang seperti musik, tari, e-sports Free Fire, dan cerdas cermat, serta menjadi wujud apresiasi terhadap generasi muda dan keluarga petani kopi Indonesia.

TOP Coffee tidak hanya memberikan wadah bagi anak muda untuk menyalurkan kreativitasnya, tetapi juga menyalurkan beasiswa biaya hidup (living cost) kepada anak-anak dari keluarga petani kopi yang tengah menempuh pendidikan S1. Salah satu penerima beasiswa adalah Elsye Giovani, mahasiswa Universitas Nahdatul Ulama Surabaya asal Sumatera Selatan.

Baca juga : Darya-Varia Berikan Beasiswa Untuk Riset Farmasi Herbal

“Pastinya saya sangat senang dan bersyukur sekali karena biaya ini bisa membantu ekonomi saya, apalagi untuk anak rantau yang sering tidak enak hati saat meminta biaya kost kepada orang tua di kampung. Saya sangat berterima kasih kepada TOP Coffee dan saya pastikan amanah ini tidak akan saya sia-siakan,” ujar Elsye.

Marketing Manager TOP Coffee, Thomas Michael Hermawan, menjelaskan bahwa ajang ini merupakan bentuk komitmen TOP Coffee dalam mendukung perkembangan industri kopi nasional sekaligus menumbuhkan kecintaan terhadap kopi Indonesia di kalangan generasi muda.

“TOP Coffee percaya bahwa kemajuan industri kopi Indonesia tidak terlepas dari peran berbagai pihak, mulai dari petani kopi yang menjaga kualitas, hingga generasi muda yang melanjutkan tradisi minum kopi. Menurut data Snapcart Indonesia’s Coffee Consumption Trend (2023), 79% masyarakat Indonesia mengonsumsi kopi. Maka dari itu, kami ingin terus hadir dan mendukung potensi anak muda sekaligus mengapresiasi keluarga petani kopi yang berjasa bagi industri ini,” ujar Thomas.

Ajang TOP GenZation 2.0 sebelumnya telah digelar di Palembang, Bandung, dan Semarang, dan setelah Jakarta akan berlanjut ke kota Surabaya. Penjurian acara ini juga melibatkan sejumlah figur publik, salah satunya Brand Ambassador TOP Coffee, Megan Domani.

“Bangga banget lihat banyak anak muda punya keterampilan yang keren, kreatif, dan percaya diri. Kelihatan banget jiwa anak muda kita luar biasa. Semoga para pemenang bisa terus menginspirasi anak muda lainnya,” kata Megan.

Hari Kopi Sedunia kali ini juga dimeriahkan oleh kehadiran Bryan, barista nasional yang akan mewakili Indonesia di Kompetisi Latte Art Dunia 2025. Ia membagikan pengalamannya dalam menekuni dunia kopi, serta mendemonstrasikan resep kopi spesial kreasi TOP Coffee.

“Kopi bukan sekadar minuman, tapi passion. Saya juga sering pakai TOP Coffee saat latihan. Hari ini saya mau berbagi resep kopi montblanc versi TOP Coffee, yang simpel dan bisa dibuat sendiri di rumah,” ujar Bryan. Resep tersebut menggunakan TOP Coffee Kopi Instan Murni, ditambah perasan jeruk segar, vanilla cream, kulit jeruk (orange zest), dan parutan pala (nutmeg).

Sebagai bagian dari WINGS Group, TOP Coffee terus berkomitmen untuk menyediakan kopi berkualitas dan terjangkau, mendukung kemajuan generasi muda, serta menumbuhkan kebanggaan terhadap kopi asli Indonesia. (Herman Effendi / Lukman Hqeem)