Puncak Inovasi Revolusioner Ducati Luncurkan Panigale V4 S

Beritakota.id, Jakarta – Ducati Indonesia secara resmi meluncurkan Panigale V4 S, motor superbike terbaru yang telah mencuri perhatian dunia sejak debut globalnya di World Ducati Week 2024 di Italia, Juli lalu. Sebagai puncak inovasi Ducati, Panigale V4 S merupakan hasil pengembangan dari motor juara dunia Superbike, menghadirkan desain yang lebih agresif, teknologi canggih, serta peningkatan aerodinamika dan ergonomi yang disempurnakan oleh Ducati Corse. Kehadirannya di Indonesia diharapkan mampu memberikan pengalaman berkendara terbaik bagi para pecinta Ducati.

Panigale V4 S generasi terbaru tidak hanya membawa warisan balap Ducati ke jalan raya, tetapi juga menetapkan standar baru dalam dunia superbike. Dengan desain aerodinamis inovatif, teknologi balap MotoGP, dan performa mesin yang luar biasa, motor ini siap memberikan pengalaman berkendara yang tak tertandingi bagi para Ducatisti di Indonesia. Para penggemar superbike dapat merasakan sensasi berkendara dengan Panigale V4 S, sebuah mahakarya teknologi yang mendefinisikan ulang arti performa dan kecepatan.

Jimmy Budhijanto, CEO Ducati Indonesia, mengungkapkan kebanggaannya dapat menghadirkan Panigale V4 S kepada para pecinta motor premium di Indonesia.

“Kami menghadirkan Ducati Panigale V4 S, sebuah mahakarya teknologi dan performa yang mendefinisikan ulang standar superbike untuk memberikan kepuasan berkendara maksimal. Generasi ketujuh Panigale V4 ini bukan hanya berteknologi canggih dan berdesain indah, tetapi juga mewujudkan misi Ducati untuk melanjutkan sejarah sukses superbike dengan tiga nilai utama: Gaya, Kecanggihan, dan Performa,” ucapnya, Sabtu (8/2/2025).

“Kami memahami antusiasme masyarakat Indonesia yang telah menantikan motor ini sejak peluncurannya di Italia tahun lalu. Ducati Indonesia akan terus mendukung impian para Ducatisti untuk segera mengaspal bersama Panigale V4 S di jalanan Indonesia.” tambah Jimmy.

Superbike ini diserahkan kepada konsumen Panigale V4 S pertama, Christopher Arfian yang merupakan seorang Ducatisti sejati dimana ia telah lama menantikan superbike ini. Momen ini sekaligus menjadi simbol kepercayaan dan antusiasme para penggemar Ducati di Tanah Air terhadap lini superbike terbaru dari pabrikan asal Italia ini.

Panigale V4 S hadir dengan berbagai inovasi terbaru yang diadaptasi langsung dari MotoGP, termasuk mesin Desmosedici Stradale V4, sistem aerodinamika baru, serta sasis dan elektronik canggih yang meningkatkan pengalaman berkendara di lintasan maupun di jalan raya.

Evolusi desain Panigale V4 S mencerminkan filosofi aerodinamika baru Ducati, dengan fairing yang mengurangi hambatan udara sebesar 4%, memberikan perlindungan lebih baik bagi pengendara, serta tetap mempertahankan downforce optimal melalui sayap ganda yang efisien. Desain ini juga terinspirasi dari Ducati 916, menghadirkan keseimbangan sempurna antara estetika dan fungsionalitas.

Posisi berkendara diperbarui dengan desain tangki dan jok yang lebih luas, memungkinkan kontrol lebih baik di sirkuit. Footpeg yang dipindahkan 10 mm lebih dalam juga meningkatkan kenyamanan dan aerodinamika saat berkendara.

Panigale V4 S menggunakan mesin Desmosedici Stradale 1.103 cc yang terinspirasi dari MotoGP, menghasilkan tenaga 216 hp pada 13.500 rpm dan torsi 12,3 kgm pada 11.250 rpm. Dengan knalpot balap Ducati Performance by Akrapovič, tenaga meningkat hingga 228 hp, memberikan akselerasi luar biasa di lintasan. Inovasi pada sistem camshaft, gearbox, dan intake variabel memungkinkan performa yang lebih optimal, sementara standar emisi Euro5+ tetap dipenuhi tanpa mengorbankan tenaga.

Sementara itu, Ducati yang juga mengembangkan Front Frame dan Ducati Hollow Symmetrical Swingarm baru, melakukan pengurangan bobot sekaligus meningkatkan traksi dan kestabilan saat akselerasi. Roda belakang kini lebih ringan 2,7 kg, sementara roda aluminium Panigale V4 S hanya berbobot 2,95 kg di depan dan 4,15 kg di belakang, memberikan pengendalian yang lebih responsif.

Suspensi elektronik Öhlins NPX/TTX menawarkan penyesuaian lebih luas untuk kenyamanan di jalan raya maupun performa di sirkuit. Motor ini juga menjadi yang pertama menggunakan kaliper rem Brembo Hypure™, yang lebih ringan 60 gram, meningkatkan konsistensi pengereman terutama pada suhu tinggi.

Ducati juga menghadirkan Ducati Vehicle Observer (DVO), teknologi simulasi berbasis lebih dari 70 sensor yang memungkinkan kontrol elektronik hampir prediktif.

Baca juga : Bridgestone Indonesia Resmikan Toko Model Ban Tegal Padukan Tireshop dengan Lifestyle

Ada sejumlah fitur elektronik unggulan dalam Panigale V4 S seperti Ducati Traction Control DVO untuk menjaga grip optimal di berbagai kondisi. Slide Control & Wheelie Control DVO untuk mengoptimalkan akselerasi dan kestabilan roda depan. Power Launch DVO guna memaksimalkan akselerasi saat start balapan serta Engine Brake Control yang akan meningkatkan kontrol saat deselerasi dan Ducati Quick Shift 2.0 untuk perpindahan gigi lebih cepat dan presisi

Panigale V4 S hadir dengan dasbor terbaru berukuran 6,9 inci, menggunakan teknologi Optical Bonding untuk keterbacaan optimal, bahkan di bawah sinar matahari langsung. Mode Track menghadirkan parameter seperti g-Meter, Power & Torque, serta Lean Angle, memberikan informasi real-time bagi pengendara untuk meningkatkan performa di lintasan. Sementara mode Road menampilkan indikator kecepatan, tachometer, navigasi, pemutar musik, serta pengaturan kontrol jelajah. Sementara fitur GPS lap timer memungkinkan pengendara melihat waktu lap dan membandingkan performa di berbagai sektor lintasan, layaknya sistem yang digunakan di MotoGP. (Herman Effendi/Lukman Hqeem)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *