Beritakota.id, Jakarta – Setelah sukses melakukan debut di Indonesia dengan pembukaan restoran pertamanya di Plaza Senayan pada awal November 2025, Tendon Tenya restoran tendon tempura nomor satu di Jepang, kini membuka gerai kedua di Gandaria City Mall. Sebelum melakukan ekspansi internasional, Tenya dibangun di atas fondasi kuat yang diciptakan oleh pendirinya, Mr. Iwashita, pada tahun 1989.
“Kami ingin memperkenalkan tendon tempura nomor satu di Jepang kepada masyarakat Indonesia, khususnya di Jakarta. Pada tanggal 1 November, restoran Tendon Tenya pertama kami telah resmi dibuka di Plaza Senayan. Dan hari ini, kami memperluas pasar dengan membuka gerai kedua di Gandaria City,” ucap Robin Makmur, Director of PT Prima Makmur Kuliner, Rabu (19/11). “Kami juga akan menghadirkan berbagai promo menarik, tentunya dengan kualitas makanan terbaik bagi para pelanggan,” tambahnya.
Mr. Iwashita yang ikut membuka gerai ini adalah sosok yang juga menjadi salah satu anggota pendiri McDonald’s Jepang ini memulai Tenya dengan visi sederhana namun kuat. Ia ingin menjadikan tempura sebagai hidangan yang dapat dinikmati semua orang terjangkau, cepat, dan tetap berkualitas tinggi, ungkapnya.
Filosofi tersebut diwujudkan melalui berbagai prinsip operasional. Seperti efisiensi ala McDonald’s dengan sistem dapur terstruktur dan proses memasak cepat. Resep dan bahan baku terstandarisasi untuk menjaga konsistensi rasa di seluruh gerai. Konsep restoran kasual yang mudah diakses oleh keluarga, pekerja, maupun pelajar. Pendekatan Quick Service Restaurant (QSR) yang menyeimbangkan kecepatan layanan dan value for money.
Pendekatan modern tersebut ternyata sukses menjadikan Tenya sebagai salah satu brand tempura paling dikenal di Jepang, membuktikan bahwa kuliner tradisional dapat tumbuh pesat melalui inovasi dan efisiensi. Pada tahun 2010, Royal Holdings mengakuisisi Tenya dan menjadikannya pilar utama ekspansi F&B global grup tersebut. Hingga kini, Tenya mengoperasikan 147 gerai di Jepang dan 21 gerai di luar negeri.
Dengan hadirnya dua gerai baru di Jakarta, Tenya kini memperluas jaringan internasionalnya ke Filipina (10 gerai), Hong Kong (6 gerai), Singapura (4 gerai) dan Indonesia. Total gerai internasional mencapai 21 lokasi.
Royal Group, perusahaan restoran global berbasis di Jepang yang menaungi merek Tenya, terus memperkuat ekspansi internasionalnya. Dengan pengalaman lebih dari 70 tahun, Royal Group berkomitmen menghadirkan kuliner autentik, layanan berkualitas, dan pengalaman bersantap yang sesuai dengan preferensi masyarakat lokal di berbagai negara. Mereka ingin menciptakan ruang yang penuh senyuman dan benar-benar dihargai oleh komunitas lokal.
Dalam kondisi pasar yang sangat positif, Royal Group senang bermitra dengan perusahaan lokal. Ini memungkinkan mereka membuka dua gerai Tenya di pusat perbelanjaan utama di Jakarta. Bagi mereka, Indonesia adalah pasar kunci dalam strategi ekspansi jangka panjang kami di kawasan Asia Tenggara. Indonesia merupakan salah satu pasar paling dinamis di Asia Tenggara. Pertumbuhan kelas menengah yang cepat, peningkatan populasi urban, serta stabilitas ekonomi nasional mendorong tingginya permintaan terhadap variasi kuliner berkualitas.
Kondisi ini menjadikan Indonesia sebagai pasar strategis bagi brand-brand internasional, termasuk Royal Group, yang melihat peluang besar dalam memperkenalkan masakan Jepang yang autentik namun tetap terjangkau. Pembukaan gerai ini mempertegas komitmen Royal Group dan PT Prima Makmur Kuliner untuk memberikan pengalaman kuliner Jepang yang otentik, cepat, berkualitas, dan mudah diakses oleh masyarakat Indonesia. (Herman Effendi / Lukman Hqeem)


