Beritakota.id, Jakarta – Di tengah meningkatnya ekspektasi konsumen kelas menengah Indonesia yang semakin digital, Blibli menegaskan komitmennya sebagai platform omnichannel commerce terdepan dengan menghadirkan pengalaman belanja yang mulus, aman, dan tepercaya.
CEO & Co-Founder Blibli, Kusumo Martanto, menyampaikan bahwa tahun 2024 menjadi bukti keberhasilan strategi perusahaan dalam membangun ekosistem ritel terintegrasi yang menjembatani dunia online dan offline. “Kami terus membuktikan bahwa pendekatan ekosistem omnichannel yang terintegrasi adalah kunci dalam menghadirkan nilai tambah bagi pelanggan dan seluruh pemangku kepentingan,” ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima beritakota.id, Kamis (21/8/2025).
Menurut data Badan Pusat Statistik 2024, Indonesia memiliki lebih dari 47,85 juta konsumen kelas menengah yang semakin selektif dan digital savvy. Bagi mereka, premium bukan lagi tentang status, tetapi tentang kepastian, kenyamanan, dan kendali atas pengalaman belanja.
Blibli merespons perubahan perilaku ini dengan mengembangkan strategi omnichannel yang kini meliputi 223 toko fisik elektronik konsumen, 58 gerai supermarket premium Ranch Market, 36 experience center Dekoruma, Lebih dari 7.000 toko Click & Collect, Lebih dari 8.000 toko Blibli In-Store, Unified Membership Program dan Blibli Tiket Rewards sebagai sistem poin loyalitas terpadu.
Selain memperluas jangkauan ritel, Blibli juga memperkuat backbone logistik dengan 13 gudang besar di berbagai kota dengan total luas lebih dari 200.000 m². Model distribusi hub-and-spoke, serta layanan Fulfillment at Speed (FAS) dan Fulfillment by Blibli (FBB), memungkinkan pengiriman lebih cepat dan efisien.
Blibli juga menempatkan layanan pelanggan sebagai prioritas utama. Fitur-fitur seperti Pasti ORI, jaminan tepat waktu, gratis perlindungan hingga 24 bulan, serta retur dengan alasan apa pun, hadir untuk menjawab kekhawatiran konsumen akan kualitas dan keandalan produk.
“Ini bukan sekadar gimmick, tapi strategi nyata untuk membangun rasa aman dan loyalitas pelanggan jangka panjang,” kata Kusumo.
Dilengkapi dengan layanan pelanggan 24/7 yang responsif dan empatik, Blibli menegaskan bahwa mereka tidak hanya menjual produk, tapi juga membangun ekosistem ritel masa depan tempat di mana brand bisa bertumbuh dan konsumen mendapatkan nilai nyata, bukan sekadar harga murah.
Dengan semangat #NoBlablaDiBlibli, Blibli siap menghadapi masa depan ritel Indonesia dengan fokus pada inovasi berkelanjutan, penguatan kemitraan, dan pemanfaatan data untuk memahami kebutuhan konsumen yang terus berkembang. (Herman Effendi / Lukman Hqeem)