Beritakota.id, Jakarta – Indonesia Inbound Tours Operators Association (IINTOA) menggelar musyawarah daerah (Musda) periode 2025-2029. Dalam musyawarah daerah tersebut terpilih Jongki Adiyasa terpilih secara aklamasi sebagai Ketua DPD IINTOA Jakarta dan Banten.
Kegiatan ini dibuka resmi oleh Kadisparekraf DKI Jakarta, Andika Permata yang diwakilkan oleh Kabid Pemasaran dan atraksi Dinas Pariwsata DKI Jakarta, Sherly Yuliana, di Jakarta, Rabu (23/7/2025).
Jongki mengatakan, sebagai prioritas pihaknya berkomitmen memajukan inbound untuk Jakarta dan tentunya juga inbound untuk nasional karena bahwa Jakarta ini sudah bukan merupakan destinasi inbound sejak tahun 1990 an.
“Dulu eranya awal-awal pariwisata berkembang Jakarta menjadi hub untuk inbound, datang kemana-mana lewat Jakarta tetapi setelah pariwisata Indonesia maju hubnya pindah ke Bali,” ujar Jongki
Baca Juga: Djohari Somad Terpilih Aklamasi Sebagai Ketua DPD AITTA Jakarta
Lanjutnya, Jakarta mulai ditinggalkan pemain inbound dan sekarang sudah saatnya lagi bahwa Jakarta harus mempromosikan dirinya untuk pariwisata Indonesia. ‘’Karena Jakarta punya potensi yang luar biasa mari berupaya keras merebut kembali posisi sebagai destinasi utama bagi wisatawan mancanegara,’’ pungkas dia.
Salah satu tantangan yang dihadapi adalah maraknya agen perjalanan online (OTA) tak berlisensi yang beroperasi tanpa tanggung jawab. IINTOA berkomitmen untuk meningkatkan kurasi dan memastikan pelaku industri pariwisata beroperasi secara profesional dan bertanggung jawab, termasuk melalui sertifikasi profesi.
Pada kesempatan yang sama Sherly Yuliana, Kabid Pemasaran dan Atraksi Disparekraf DKI Jakarta, menyatakan komitmen Pemprov DKI untuk memfasilitasi industri pariwisata Jakarta dalam berbagai pameran internasional, seperti Arabian Travel Mart (ATM) Dubai, World Travel Market London, ITB India di Mumbai, dan sales mission di Malaysia dan Tiongkok. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan visibilitas Jakarta di mata wisatawan mancanegara.
Strategi pemasaran yang terarah juga diterapkan. Data Disparekraf menunjukkan peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara ke Jakarta sebesar 27,32% di tahun 2024, mencapai 2.499.463 orang.
“Target untuk tahun ini diproyeksikan naik 10-20%. Sasaran utama adalah Gen Z dan Milenial, dengan penawaran destinasi yang “happening” seperti M Bloc space, serta destinasi klasik seperti Ancol dan Kepulauan Seribu untuk menarik minat wisatawan dari Malaysia dan Tiongkok, dua pasar utama Jakarta,’’ ujarnya.
Dengan strategi terpadu antara IINTOA dan Disparekraf DKI Jakarta, Jakarta siap untuk kembali bersinar sebagai destinasi wisata inbound yang mumpuni dan menarik bagi wisatawan internasional.
Tinggalkan Balasan Batalkan balasan