Beritakota.id, Jakarta – PT Kereta Api Logistik (KAI Logistik) melalui layanan retailnya, KALOG Express, menunjukkan pertumbuhan pesat dengan penambahan signifikan jumlah service point. Hingga Juli 2025, jaringan KALOG Express telah mencapai 257 titik, meningkat 31% dari akhir 2024 (196 titik). Ekspansi ini mencakup wilayah Jawa, Bali, dan Sumatra, melampaui target awal penambahan 50 service point hingga 22%.

Direktur Pengembangan Usaha KAI Logistik, Riyanta, mengungkapkan kebanggaan atas pencapaian ini. “Pertumbuhan ini menunjukkan kepercayaan mitra dan pelanggan terhadap layanan logistik terintegrasi dan andal KALOG Express,” ujarnya. Riyanta menekankan komitmen KAI Logistik tidak hanya pada kuantitas, tetapi juga kualitas layanan dan pemberdayaan mitra lokal.

Ekspansi KALOG Express dinilai sangat positif dalam mendorong pertumbuhan wirausaha di sektor logistik, sejalan dengan target pemerintah untuk meningkatkan rasio kewirausahaan nasional. Kemitraan dengan KALOG Express memberikan peluang bagi UMKM untuk berkembang, sekaligus menyediakan akses logistik yang lebih mudah dan terjangkau bagi masyarakat di berbagai daerah, termasuk wilayah yang selama ini minim akses.

“Kami tidak hanya fokus pada daerah dengan ekonomi tinggi, tetapi juga wilayah yang membutuhkan akses logistik yang lebih baik,” tambah Riyanta. Strategi ini bertujuan untuk pemerataan ekonomi dan mendukung program pemerintah dalam mendorong pertumbuhan wirausaha nasional.

Dengan jaringan yang semakin luas, KALOG Express siap menjadi katalis pertumbuhan ekonomi lokal dan memperkuat konektivitas logistik nasional. Keberhasilan ini menjadi bukti nyata komitmen KAI Logistik dalam mendukung perkembangan UMKM dan menciptakan ekosistem kewirausahaan yang lebih baik di Indonesia.