Beritakota.id, Jakarta – Head & Shoulders Indonesia kembali menarik perhatian publik lewat kampanye kreatif bertajuk #BebasKetombeBerharihari. Salah satu langkah unik yang dilakukan adalah dengan mengganti nama akun media sosial mereka, yakni menjadi ‘Het & Soldier’ di Instagram dan ‘Het en Soder’ di TikTok.

Perubahan nama ini bukan akibat peretasan, melainkan strategi komunikasi untuk mengajak masyarakat lebih percaya diri menyebutkan merek sesuai gaya masing-masing. Fenomena ini sebenarnya sudah pernah diangkat sejak 2019 ketika Head & Shoulders merilis edisi terbatas sampo dengan nama salah eja, seperti ‘Het & Soljer’, ‘Hat & Shoulders’, dan ‘Hed & Suljer’.

Melalui pendekatan digital kali ini, Head & Shoulders ingin merangkul lintas generasi untuk beralih ke sampo anti ketombe yang mampu mengatasi ketombe basah dan melindungi kulit kepala berhari-hari, bahkan di hari tanpa keramas.

Baca juga : Head & Shoulders Indonesia Kampanyekan “Kalem Pake Helm” Jaga Kesehatan Kulit Kepala

Fenomena unik penyebutan merek juga semakin viral setelah unggahan organik pengguna TikTok @akhirnyadownloadt1ktok atau Ardi. Dalam videonya, ia memperlihatkan seorang ibu akrab disapa Ibu Dian yang mencari sampo Head & Shoulders di minimarket dengan cara penyebutan khasnya. Video ini telah ditonton lebih dari 20 juta kali dan mendapat 2 juta lebih tanda suka.

Dalam keterangan resmi yang diterima redaksi beritakota.id, Rabu (10/9), Ayu Aradhita, Brand Director Haircare P&G Indonesia, mengungkapkan apresiasinya,

“Terima kasih kepada Ibu Dian dan Ardi yang telah menghibur masyarakat melalui konten tersebut. Ini menjadi bukti bahwa cara unik konsumen menyebutkan Head & Shoulders adalah bentuk relevansi kami di tengah masyarakat. Tak masalah bagaimana cara penyebutannya, yang terpenting adalah Head & Shoulders mampu mengatasi masalah ketombe.”

Kampanye ini semakin inklusif dengan menghadirkan Ibu Dian dan Ardi sebagai bintang iklan digital terbaru Head & Shoulders di kanal YouTube resmi mereka. Tak hanya itu, brand ini juga membuka audisi online #BintangIklanHS, memberi kesempatan bagi publik untuk beradu akting dengan aktor internasional sekaligus Brand Ambassador, Joe Taslim, serta komedian Boiyen.

Heru Syahdio, Brand Communications Hair Care P&G Indonesia, menegaskan,

“Kolaborasi dengan konsumen merupakan bukti bahwa suara mereka adalah ulasan paling jujur. Ini pertama kalinya kami melibatkan konsumen loyal tampil bersama Joe Taslim dan Boiyen. Tujuan utama kampanye ini adalah mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan kulit kepala dari ketombe basah dengan perlindungan berhari-hari, bahkan di waktu tanpa keramas.”

Di sisi lain, Ibu Dian juga membagikan pengalamannya saat menjadi tamu di podcast Raditya Dika. Ia mengungkapkan bahwa dirinya telah lama setia menggunakan Head & Shoulders, bahkan sejak produk masih berbentuk bubuk.

“Dulu bentuknya bubuk yang dilarutkan ke air, sekarang sudah cair dan saya masih setia pakai. Tinggal di Bali yang panas membuat kulit kepala saya gampang berminyak dan berketombe. Syuting bersama Head & Shoulders menjadi pengalaman berharga karena saya memang sudah percaya produk ini untuk keluarga,” ujarnya.

Melalui kampanye #BebasKetombeBerharihari, Head & Shoulders tidak hanya menghadirkan produk perawatan rambut, tetapi juga merangkul konsumen dengan cara kreatif, relevan, dan penuh kedekatan emosional. (Herman Effendi / Lukman Hqeem)