Iptek  

NFA dan Kemendikbudristek Kampanyekan Sekolah Sehat

NFA dan Kemendikbudristek Kampanyekan Sekolah Sehat
NFA dan Kemendikbudristek Kampanyekan Sekolah Sehat

Beritakota.id, Jakarta – Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) bersama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dengan 29 mitra strategis dalam seremoni yang bertajuk “Gerakan Kemitraan Sekolah Sehat untuk Anak Indonesia Sehat, Cerdas, dan Berkarakter”, pada Rabu (8/11/2023) di Jakarta.

Seremoni ini merupakan bentuk simbolis kolaborasi dari para mitra yang bertujuan meningkatkan status kesehatan peserta didik demi mewujudkan anak Indonesia yang sehat, cerdas, dan berkarakter.

Direktur Kewaspadaan Pangan dan Gizi NFA Nita Yulianis mengatakan “Kolaborasi dan sinergi antara Badan Pangan Nasional dengan Kemendikbudristek bersifat strategis dalam upaya penguatan ketahanan pangan dan gizi melalui Kampanye Sekolah Sehat. Kerja sama ini bertujuan untuk mewujudkan anak Indonesia sehat, cerdas, berkarakter, aktif dan produktif mendukung Profil Pelajar Pancasila dan Generasi Emas Indonesia 2045,’’ ujar Nita.

“Hal ini sejalan dengan prinsip kolaborasi pentahelix yang ditekankan oleh Kepala Badan Pangan Nasional, Bapak Arief Prasetyo Adi untuk bersinergi dengan seluruh pihak, diantaranya Kemendikbudristek untuk meningkatkan Ketahanan Pangan, Kemandirian dan Kedaualatan Pangan ,’’ Tambah Nita.

Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim pada kesempatan tersebut menyampaikan “Selama empat tahun terakhir, kami di Kemendikbudristek terus mendorong peningkatan kualitas pendidikan dengan berbagai terobosan Merdeka Belajar. Kami pun menyadari bahwa kunci utama dari semua upaya transformasi ini adalah kesehatan anak-anak kita. Oleh karena itulah kami meluncurkan Gerakan Sekolah Sehat yang berfokus pada perubahan dan pembiasaan perilaku sehat,” jelas Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim.

Nadim mengatakan, “Tentu untuk mengubah dan membiasakan perilaku sehat bagi anak-anak kita bukanlah pekerjaan yang instan dan bisa dikerjakan oleh satu pihak saja. Oleh karena itu, saya berharap agar para mitra dapat bersinergi dengan pemangku kepentingan lain. Jalin kolaborasi dengan pemerintah daerah, organisasi komunitas pendidikan, dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kemendikbudristek, sehingga gaung kemitraan ini dapat lebih terasa di masyarakat,” ujarnya.

Baca juga: NFA Bangun Agribisnis Sorgum Terintegrasi Hulu Hillir

Lebih lanjut Nita mengatakan saat ini Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) menggencarkan Gerakan Edukasi dan Pemberian Pangan Bergizi Untuk Siswa (GENIUS) untuk edukasi pemenuhan pangan bergizi bagi generasi muda dalam membangun sumber daya manusia yang sehat, aktif, dan produktif.

“Upaya yang tengah di gencarkan NFA dalam intervensi pangan dan gizi untuk mempersiapkan generasi sehat dan berkualitas melalui program GENIUS, sejalan dengan program yang dilaksanakan Mendikbudristek. Mari kita bersama-sama mendukung terwujudnya Generasi Emas 2045,’’Papar Nita.

Adapun Gerakan Sekolah Sehat merupakan konsep holistik yang mencakup 3S yakni Sehat Bergizi, Sehat Fisik dan Sehat Imunisasi. Melalui kontribusi para mitra, diharapkan gerakan ini dapat membudaya melalui pembiasaan perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah.

Terdapat tiga fokus utama dalam Gerakan Sekolah Sehat. Pertama, Sehat Bergizi yang di mulai dari pembiasaan minum air putih minimal dua gelas selama berkegiatan di sekolah, pembiasaan sarapan pagi, dan mengonsumsi makanan atau minuman bergizi seimbang. Kedua, Sehat Fisik yakni dengan melakukan pembiasaan peregangan minimal satu kali saat pergantian jam pelajaran dan pembiasaan senam kebugaran jasmani atau senam kreasi lainnya minimal satu kali dalam seminggu. Ketiga, Sehat Imunisasi, dilakukan untuk mendukung pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) yang berlangsung di bulan Agustus dan November.

NFA berharap Penandatanganan Perjanjian Kerjasama ini merupakan aksi nyata kolaborasi dan sinergi untuk memberikan dampak bagi Ketahanan Pangan, Kemandirian dan Kedaulatan Pangan. Mengingat Kemendikbudristek merupakan lembaga negara yang berfokus pada bidang pendidikan, budaya dan teknologi di Indonesia.

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *