Beritakota.id, Jakarta – Inovasi digital BRI Group lewat Bank Raya terus menghadirkan solusi keuangan cerdas. Terbaru, mereka meluncurkan Raya Paylater di dalam aplikasi digital mereka yakni Raya App sebagai solusi yang relevan dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. Ini merupakan fitur pembiayaan “Buy Now Pay Later (BNPL)” dimana memberikan kemudahan bagi nasabah untuk melakukan transaksi secara lebih fleksibel, aman, dan transparan.
Dengan limit kredit hingga Rp. 5 juta dan biaya layanan hanya 3% dari total limit pembayaran, Raya Paylater hadir sebagai opsi pembiayaan tambahan yang dapat digunakan dalam setiap transaksi di aplikasi Raya App, khususnya untuk pembayaran di merchant-merchant yang menerima QRIS di seluruh Indonesia.
“Sebagai digital attacker dari BRI Group, Bank Raya memiliki aspirasi untuk membuka akses finansial ke seluruh lapisan masyarakat,” ungkap Kicky Andrie Davetra, Direktur Bisnis Bank Raya dalam keterangan resmi yang diterima redaksi beritakota.id, Senin (7/7/2025).
Baca juga : Bank Raya Raup Laba Bersih Rp16,92 Miliar di Kuartal I-2025
“Kehadiran fitur Raya Paylater menjadi nilai tambah dari Raya App yang semakin relevan dengan kebutuhan gaya hidup digital nasabah. Kami optimistis fitur ini akan membuka potensi pertumbuhan digital saving secara lebih luas dan berkelanjutan,” tambahnya.
Proses aktivasi Raya Paylater sangat mudah dan sepenuhnya digital. Nasabah cukup membuka Raya App, memilih menu Raya Paylater di halaman utama, lalu melakukan registrasi, menyetujui limit kredit, serta menyelesaikan proses face recognition dan digital signature. Setelah itu, fitur sudah langsung dapat digunakan untuk transaksi dengan QRIS menggunakan sumber dana dari Raya Paylater.
Untuk memudahkan pelunasan tagihan, Raya Paylater juga dilengkapi dengan fitur auto debit yang secara otomatis memotong saldo rekening sesuai instruksi nasabah, sehingga risiko keterlambatan pembayaran bisa diminimalisir.
Bank Raya juga menegaskan komitmennya terhadap prinsip kehati-hatian dalam pemberian kredit melalui credit scoring yang ketat. Selain itu, Bank Raya secara aktif memberikan edukasi finansial guna memastikan nasabah mendapatkan fasilitas pinjaman yang sesuai dengan kemampuan mereka.
Hingga Mei 2025, pengguna Raya App telah mencapai lebih dari 1 juta nasabah. Aktivitas transaksi melalui aplikasi juga meningkat signifikan, tumbuh 53,9% year-on-year (yoy) dengan total transaksi mencapai 1,7 juta. Sementara itu, digital saving mencatatkan pertumbuhan impresif sebesar Rp1,3 triliun, atau naik 52,61% (yoy).
“Berangkat dari semangat untuk memberikan nilai tambah bagi para nasabah, kami percaya inovasi seperti Raya Paylater akan mempercepat inklusi keuangan digital di Indonesia. Hal ini sekaligus menjadi motivasi bagi kami untuk terus memberikan pelayanan terbaik dan solusi finansial yang relevan,” tutup Kicky.
Dengan hadirnya fitur Raya Paylater, Bank Raya kembali menegaskan komitmennya sebagai bank digital inovatif yang tidak hanya menyediakan layanan perbankan, tetapi juga membuka akses finansial yang inklusif, mudah, dan bertanggung jawab bagi seluruh masyarakat Indonesia. (Herman Effendi)