Buka Inacraft 2022, Sandiaga: Perkuat Pasar Domestik Kunci Hadapi Resesi Global

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga S Uno dalam membuka pameran Inacraft 2022 (dok Beritakota.id)

Beritakota.id, Jakarta – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga S Uno resmi membuka pameran Inacraft 2022 yang berlangsung hari ini Rabu 26 Oktober hingga 30 Oktober 2022 di Main Lobby, Plenary & Assembly Hall Jakarta Convention Center (JCC).

Sandiaga mengatakan, di tengah situasai global yang di beberapa negara sedang resesi tapi Indonesia memiliki potensi terus bertumbuh tapi ujarnya, tidak boleh lengah caranya bagaimana mengatasi kegelapan ekonomi dengan memperkuat UMKM dari segi pembiayaan dan pemasaran.

banner 336x280

“Pasar domestik kita menjadi andalan. Saya yakin dengan kegiatan Incaraft mampu meningkatkan penjualan UMKM sehingga mampu memitigasi meminimalisasi resesi global,”pungkasnya.

Lanjutnya, nilai eksportir ekonomi kreatif sudah mencapai 25 milyar USD dan target tahun ini eksportir ekonomi kreatif tembus 275 milyar USD ditengah perlambatan mari kuatkan ekonomi domestik.

“Karena itu tadi saya sampaikan kepada para pengunjung jangan hanya Rohali (Rombongan Hanya Lihat-Lihat) tapi Rojali (Rombongan Jadi Beli),”ujar Sandiaga usai membuka pameran Inacraft 2022.

Pameran INACRAFT On October  diselenggarakan secara Hybrid (online dan offline) dengan tetap mematuhi protokol kesehatan serta berintegrasi dengan platform yang dinamis, interaktif, dan inovatif, diantaranya Pameran Virtual INACRAFT, INACRAFT Marketplace, dan INACRAFT x Tokopedia. Sebagai penyelenggara, ASEPHI juga menyediakan Aplikasi INACRAFT, sebuah startup marketplace yang dapat diunduh melalui IOS dan Android.

Keistimewaan pada pelaksanaan INACRAFT On October adalah dengan menghadirkan young craft products & emerging artisans serta young entrepreneur dengan produk kekinian yang dapat memberikan nuansa baru bagi para INACRAFT enthusiast untuk selalu up-to-date dengan brand INACRAFT yang sesuai dengan tren masyarakat saat ini.

Dalam rangkaian acara INACRAFT On October ini, akan diselenggarakan Makeup Challenge dan Traditional Dance Competition untuk Pelajar. Pada pameran ini juga terdapat beberapa program menarik lainnya sebagai Insight Program diantaranya Craftalks, Craft Workshop, Trunk Show, Inacraft Appreciation Night, dan performance art serta difasilitasi areal khusus stand kuliner dan packaging food bertajuk Talam Inacraft.

Khusus untuk pameran di bulan Oktober ini sesuai dengan ketersediaan lahan pameran akan diikuti 370 peserta yang terdiri dari 90% diisi peserta individu anggota ASEPHI dan 10% peserta UMKM binaan dinas/Kementerian/BUMN, serta merchant stores untuk masing-masing kegiatan online.

INACRAFT On October mengingat situasi global belum sepenuhnya kondusif fokus pada transaksi pasar dalam negeri menargetkan 50.000 pengunjung dengan target transaksi sebesar 65 Miliar rupiah untuk pameran utama dan 100 juta rupiah untuk pameran virtual dan INACRAFT marketplace. Pamaran ini didukung secara digital oleh Online Partner Doku, Tokopedia & Online Support Silversea Media.

Seperti pada setiap penyelenggaraanya, pameran yang diprakarsai oleh Asosiasi Eksportir dan Pengusaha Handicraft Indonesia (ASEPHI) bekerja sama dengan PT. Mediatama Binakreasi ini bertujuan untuk memfasilitasi produk lokal agar dapat berkompetisi dengan produk internasional, dimana pada pameran kali ini lebih mengutamakan produk kerajinan kreatif dari perajin muda, youth & artisan, untuk mempromosikan produknya dan meningkatkan peluang bisnis. Berbagai produk kreatif yang hadir terbagi dalam 11 kategori kerajinan yang diminati seperti Batik, Traditional Textile Moslem Fashion, Tenun, Songket, Embroidery, Home Decoration, Jewelry, Accessories, Households, Decorative Items, Travel Goods, Gifts dan Miscellaneous Crafts dari karya anak bangsa seluruh Indonesia.

Guna mendukung bangkitnya perekonomian nasional, tiket masuk Pameran INACRAFT On October gratis (Free Ticket) akan dibagi menjadi tiga sesi waktu kunjungan bagi pengunjung yang sudah melakukan registrasi secara online sebagai bagian dari penerapan protokol kesehatan berbasis CHSE untuk tracing dan pembatasan pengunjung.

Didukung dengan penggunaan masker, penerapan physical distancing, dan penggunaan aplikasi Peduli Lindungi yang diberlakukan oleh seluruh stakeholder seperti panitia, peserta, dan pengunjung pameran.

banner 728x90
Exit mobile version