Beritakota.id, Jakarta – Cap Bali, brand fesyen asal Bali yang digawangi oleh Putu Fitri Ertaningsih, kembali menunjukkan kehadirannya di dunia fesyen dengan menggelar pagelaran koleksi terbaru bertajuk ‘Tropical Peacock’ di Indonesia Fashion Week 2025. Koleksi ini merupakan hasil dari inspirasi keindahan burung merak yang menjadi simbol keanggunan dan ketangguhan para perempuan Bali.
Fitri mengungkapkan bahwa koleksi ‘Tropical Peacock’ ini sangat istimewa karena motif burung merak merupakan simbol dalam budaya lokal yang kerap kali hadir dalam seni tari serta ukiran tradisional. “Saya ingin membawa apa yang pernah saya rasakan ke dalam karya, agar setiap pemakainya nanti merasa cantik, percaya diri, dan bebas mengekspresikan dirinya,” ujar Fitri, Minggu (1/6/2025).
Cap Bali dikenal dengan kenyamanan dan keanggunan dalam setiap koleksinya. Fitri memilih material rayon karena nyaman, terasa sejuk dan lembut ketika dikenakan, serta memberi kesan elegan. Selain itu, Cap Bali juga mengedepankan less waste dengan pemanfaatan limbah tekstil berupa kain perca untuk dijadikan produk yang memiliki nilai ekonomi.
Cap Bali telah menjadi wadah pemberdayaan perempuan lokal dalam industri kreatif Bali. Hingga kini, sebanyak lebih dari 100 pekerja Cap Bali, 90%-nya didominasi oleh pekerja wanita. Para perempuan pekerja ini berasal dari berbagai latar belakang pendidikan, dengan domisili wilayah sekitar area workshop Cap Bali yang berada di Mas-Ubud dan Sanur.
Koleksi ‘Tropical Peacock’ dihadirkan dalam palet warna pastel seperti pink, biru langit yang cerah, serta hijau dedaunan yang segar. Harmoni warna ini menciptakan nuansa segar yang diramu dalam siluet feminin yang cantik. Sebanyak tujuh koleksi perempuan dan dua koleksi pria dihadirkan lewat gaya kasual yang ringan dan nyaman.
Pagelaran koleksi ‘Tropical Peacock’ ini dihadiri oleh beberapa tokoh terkenal, termasuk Wakil Menteri Ekonomi Kreatif Indonesia, Irene Umar; Wakil Menteri Kebudayaan Indonesia, Giring Ganesha; dan beberapa selebriti lainnya. Mereka memberikan apresiasi dan dukungan untuk Cap Bali dalam menghasilkan karya yang membawa nama Bali ke tingkat internasional.
Koleksi ‘Tropical Peacock’ sudah bisa didapatkan di seluruh butik Cap Bali, termasuk di Beachwalk Shopping Center, Icon Mall, Discovery Mall Bali, dan online store mulai awal bulan Juni 2025. Dengan koleksi ini, Cap Bali berharap dapat terus menunjukkan kehadirannya di dunia fesyen dan menjadi salah satu brand yang membawa nama Bali ke tingkat internasional. (Herman Effendi)