Beritakota.id, Jakarta – KiriminAja bersama Lion Parcel sukses menyelenggarakan Meet and Share pada Kamis, 3 Juli 2025 di Hotel Santika Pasir Kaliki, Bandung. Menjadi kota ketiga dalam rangkaian Meet & Share, kegiatan ini dihadiri lebih dari 70 seller aktif, pemilik brand, serta pebisnis online yang ingin memperkuat daya saing usahanya melalui strategi manajemen logistik yang lebih efisien, cepat, dan inovatif.

Oka Mahendra, Chief Financial Officer menjelaskan, KiriminAja dan Lion Parcel terus mendengarkan kebutuhan pasar, termasuk seller dan UMKM lokal Bandung, untuk menghadirkan layanan logistik yang sesuai kebutuhan mereka. Di tengah meningkatnya penjualan melalui platform online, seller dan UMKM masih sering mengalami kendala tingginya tingkat retur (return to sender/RTS), yaitu kondisi barang yang telah dikirim gagal diterima dan harus dikembalikan ke penjual. Tingkat RTS ini bisa mencapai angka 15-20% yang tentu berdampak pada kerugian operasional mereka.

“RTS ini masih menjadi kendala bagi sebagian besar seller dan UMKM. Untuk itu, di sesi ini kami memberikan edukasi tentang Return Management System yang telah diimplementasikan di dashboard KiriminAja. Sistem ini bisa memonitor potensi masalah selama proses pengiriman, menganalisis penyebab retur, hingga menyiapkan prosedur penanganan lebih cepat untuk menurunkan tingkat RTS. Fitur ini merupakan perwujudan semangat KiriminAja untuk menghadirkan pengalaman logistik yang lebih mudah dan berkualitas demi mendukung bisnis seller dan UMKM di seluruh Indonesia termasuk Bandung,” ujar Oka Mahendra.

Baca Juga: KAI Logistik Pacu Ekonomi Rakyat, 229 Titik Layanan Baru Tercipta

Selain itu, seller dan UMKM juga seringkali mengalami proses pencairan dana COD (Cash on Delivery) yang lambat, rata-rata 3–7 hari setelah barang diterima. Hal ini menjadi kendala besar bagi banyak seller dan UMKM yang membuat perputaran modal tersendat dan menghambat strategi scale-up bisnis. Untuk memudahkan seller dan UMKM dalam hal COD, tim KiriminAja memperkenalkan service andalan platform yaitu COD Advance, yang memungkinkan pencairan dana COD lebih cepat bahkan hingga 50% dana dapat dicairkan di hari yang sama dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Arif Wibowo, Chief Sales Officer Lion Parcel juga menambahkan bahwa kebutuhan dan tantangan yang disampaikan para seller dan UMKM menjadi dasar bagi Lion Parcel dalam mengembangkan layanan logistik yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Sebagai bentuk dukungan, Lion Parcel menghadirkan program pencairan dana COD secara real time melalui sistem dashboard yang terintegrasi khusus bagi komunitas seller dan UMKM KiriminAja.

“Lion Parcel terus membuka ruang dialog bersama para UMKM di seluruh Indonesia untuk mendengarkan kebutuhan mereka dari sisi logistik. Program yang kami hadirkan atas dasar menganalisis kendala yang seringkali mereka hadapi. Kerja sama Lion Parcel dengan KiriminAja juga menawarkan berbagai program lain yang sesuai kebutuhan seperti layanan pengiriman yang bervariasi. Inovasi dan program-program ini adalah komitmen Lion Parcel mendukung pertumbuhan bisnis seller dan UMKM,” jelas Arif.

Di Meet & Share Bandung ini, KiriminAja dan Lion Parcel juga menghadirkan narasumber kompeten yaitu Fery Marendra – Digital Marketer & Marketing Manager PT Mozaik dan Rocky Pramana – CEO Cleora Beauty & Azrina Beauty yang berbagi kiat-kiat penting untuk membantu seller dan UMKM memperbesar skala bisnisnya. Fery Marendra menjelaskan perlunya pendekatan komunikasi

yang lebih humanis dan responsif oleh Customer Service (CS) untuk bisa menurunkan tingkat retur sekaligus meningkatkan closing rate. Sementara itu, Rocky Pramana menekankan pentingnya membaca dinamika pasar, memetakan risiko, serta menanamkan mindset bertumbuh agar bisnis tidak mudah tergeser kompetitor.

Banyak peserta mengapresiasi agenda Meet & Share yang digelar di Bandung, salah satunya Mohamad Ramdani, pemilik brand lokal Bandung yang hadir dalam acara ini. “Saya jadi lebih percaya diri untuk meningkatkan pelayanan CS di toko saya. Program dari KiriminAja dan Lion Parcel juga menarik dan membantu kemudahan dari sisi pengiriman,” ungkap Mohamad Ramdani.

KiriminAja dan Lion Parcel berkomitmen untuk terus hadir sebagai partner seller dan UMKM di seluruh Indonesia, bukan hanya lewat teknologi, tetapi juga rangkaian edukasi bisnis untuk mendukung pertumbuhan bisnis mereka.

Meet and Share menjadi salah satu rangkaian upaya KiriminAja dan Lion Parcel untuk merangkul komunitas seller dan UMKM, menghadirkan solusi real-time, serta membuka peluang kolaborasi lintas sektor. Ke depan, KiriminAja dan Lion Parcel menargetkan memperluas kegiatan Meet and Share ke lebih banyak kota di Indonesia, agar makin banyak seller dan UMKM mendapatkan manfaat dari berbagai program KiriminAja dan Lion Parcel.