Beritakota.id, Jakarta – ASUS secara resmi mengumumkan kebijakan baru berupa perpanjangan masa garansi internasional menjadi tiga tahun. Kebijakan ini ditujukanbagi beberapa lini laptop unggulannya, yakni Zenbook, ProArt, Vivobook S, dan Vivobook Flip.
Konsumen akan mendapatkan garansi internasional selama 3 tahun, yang berlaku di 114 negara. Di Indonesia sendiri ASUS memiliki lebih dari 140 service center yang tersebar di berbagai provinsi. Tujuannya adalah untuk memastikan layanan purnajual yang cepat dan andal bagi para pengguna.
“Peningkatan garansi internasional dari dua tahun menjadi tiga tahun merupakan wujud nyata dari komitmen kami dalam memberikan perlindungan maksimal dan ketenangan lebih bagi pengguna setia. Ke mana pun Anda pergi, ASUS siap melindungi, tambah Jimmy Lin, Regional Director ASUS Southeast Asia, Kamis (17/4/2025). “ Ini merupakan komitmen ASUS sejak awal, untuk menghadirkan produk dan layanan terbaik ”, tambahnya.
Seluruh pengguna yang mengaktifkan laptop ASUS Zenbook, ProArt, Vivobook S, atau Vivobook Flip mulai 1 April 2025, akan secara otomatis mendapatkan garansi internasional selama 3 tahun. Garansi ini mencakup perlindungan penuh terhadap kerusakan selain yang disebabkan oleh kelalaian pengguna, termasuk 100% biaya perbaikan dan penggantian suku cadang. Klaim dapat dilakukan tanpa batasan selama masa garansi masih berlaku.
Keunggulan layanan ini adalah cakupan globalnya. Artinya, meski perangkat dibeli di Indonesia, pengguna tetap bisa mendapatkan layanan garansi resmi ASUS di luar negeri, selama periode garansi masih berlaku.
Tidak hanya itu, ASUS juga memberikan peningkatan layanan Perfect Warranty bagi lini Vivobook S dan Vivobook Flip. Mulai 1 April 2025, kedua lini ini akan mendapatkan ASUS VIP Perfect Warranty, yaitu layanan eksklusif yang mencakup 100% biaya perbaikan dan suku cadang, termasuk untuk kerusakan akibat kelalaian pengguna di tahun pertama masa garansi.
Sebagai perbandingan, ASUS Perfect Warranty sebelumnya menanggung 100% biaya jasa perbaikan dan 80% biaya spare part untuk kerusakan akibat kelalaian. Kini ASUS VIP Perfect Warranty kini menanggung 100% biaya jasa perbaikan dan spare part.
Layanan ini hadir untuk lini Vivobook Flip, Vivobook S, Zenbook, ProArt, hingga ROG, dan menunjukkan komitmen ASUS dalam memberikan perlindungan maksimal kepada seluruh pengguna.
Baca juga : Hari Terakhir Indocomtech 2019 Di Padati Ribuan Pengunjung
Complete Protection: ASUS Premium Care (APC)
Bagi pengguna yang menginginkan perlindungan paling menyeluruh, ASUS juga menghadirkan ASUS Premium Care (APC) — program tambahan yang dirancang untuk memberikan layanan ekstra, khususnya bagi pengguna di Indonesia.
Manfaat utama dari APC adalah pertama, perpanjangan garansi internasional hingga 3 tahun (untuk laptop ASUS yang awalnya memiliki garansi 2 tahun). Kedua, Accidental Damage Protection (ADP) hingga 3 tahun, mencakup kerusakan akibat kelalaian pengguna — termasuk biaya perbaikan dan suku cadang sepenuhnya ditanggung ASUS. Ketiga adalah ASUS Battery Service Package (BSP), yaitu layanan perpanjangan garansi baterai. Pengguna berhak atas satu kali penggantian baterai per tahun jika ditemukan kerusakan selama masa perlindungan.
Dengan perluasan perlindungan global ini, ASUS sekali lagi membuktikan dirinya sebagai pemimpin inovasi sekaligus pelopor layanan purnajual terbaik di industri teknologi. (Herman Effendi)