Beritakota.id, Jakarta – Muslim LifeFair akan hadir di Cibinong, Kabupaten Bogor, pada 31 Mei hingga 2 Juni 2024 mendatang. Gelaran akbar ini bertujuan menggairahkan produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) halal dan akan dipusatkan di Innovation Convention Center BRIN (ICC) Cibinong.
Event ini merupakan hasil kerja sama antara Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia (KPMI) dan Lima Event Indonesia, melanjutkan rangkaian seri Muslim LifeFair yang sebelumnya sukses digelar di JIEXPO Kemayoran pada Maret 2024. Pemilihan ibu kota Kabupaten Bogor sebagai venue untuk kali pertama didasari oleh animo dan kebutuhan masyarakat Bogor terhadap produk UMKM halal dan pengembangan ekosistem halal lifestyle yang terus menunjukkan tren positif.
CEO Lima Event Indonesia, Deddy Andu, optimistis Pesta UMKM Muslim ini akan mendapatkan respons positif dari masyarakat seperti di kota-kota lainnya, yakni Bandung, Jakarta, BSD Tangerang, dan Yogyakarta, Rabu (22/5/2024).
Deddy Andu menambahkan, ajang ini bukan sekadar transaksi bisnis, tetapi juga menciptakan tren pasar produk halal lokal yang terus tumbuh berkesinambungan. Selain itu, event ini menjadi wahana transfer nilai-nilai muamalah yang efektif, serta sarana edukasi dan rekreasi bagi keluarga muslim.
Pada kesempatan yang sama, Direktur Klub Bisnis KPMI Korwil Bogor, Kusnan bin Kundori, mengatakan bahwa sebagai pelaku usaha produk halal, Pasar UMKM Muslim merupakan kesempatan penting dan sangat dibutuhkan.
Pelaku usaha produk halal membutuhkan ruang dan jejaring untuk eskalasi bisnis, sambil memiliki daya tahan yang kuat dan kreatif untuk beradaptasi dengan perkembangan zaman yang cepat dan inklusif.
Indonesia memiliki misi besar sebagai pusat halal dunia, sehingga penguatan ekosistem pelaku bisnis halal dan halal lifestyle harus terus digelorakan dan dihidupkan di tengah masyarakat. Kota Cibinong diharapkan bisa menjadi lokomotif penggerak halal lifestyle dan brand image sebagai kota UMKM Halal.
Baca juga: Muslim Lifefair JI-Expo Resmi Dibuka, Dorong Percepatan Sertifikasi Halal
Pada gelaran ini, Deddy Andu menyebut ada sekitar 80 brand dengan 105 booth dari beragam kategori, seperti fashion muslim, halal beauty & care, produk bayi & anak, pendidikan Islami, kuliner halal, halal tour & travel, serta multiproduk lainnya.
Para exhibitor yang berasal dari daerah Cibinong dan Bogor, Jakarta hingga Yogyakarta ini siap memberikan penawaran spesial kepada seluruh pengunjung yang ditargetkan sekitar 20 ribu orang. Identik dari Muslim Life Fair adalah kualitas produk spesial selama event, limited edition, flash sale hingga 75%, dan program tebus murah mulai dari 5 ribu hingga 25 ribu rupiah.
Program promo spesial ini tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan penjualan, tetapi juga untuk membangun loyalitas konsumen. Pameran ini merupakan wahana efektif membangun branding dan menemukan solusi langsung dari konsumen. Oleh karena itu, penyelenggara terus melakukan inovasi dan terobosan agar brand pelaku usaha dengan konsumennya bisa terus eksis dan sinergis.
Selama tiga hari penyelenggaraan, pengunjung mendapatkan kesempatan mengikuti rangkaian kelas bisnis dan business matching untuk pelaku bisnis, sharing muamalah dengan para asatidz, sharing parenting, dan area bermain yang kondusif bagi kreativitas anak-anak.
Bertepatan dengan momen Idul Adha, pengunjung juga bisa bertransaksi hewan Qurban dengan penawaran spesial. Salah satu daya tarik pengunjung lainnya adalah program ta’aruf offline, yang memungkinkan pencari pasangan hidup untuk bertemu langsung di lokasi pameran dengan bimbingan asatidz.
Jika event ini sukses, maka akan dijadikan agenda tahunan seperti di kota-kota lainnya dalam rangkaian roadshow Muslim Life Fair Goes To Muslim Life Fest. Hendrawan Wijanarko dari Lima Events menambahkan bahwa pengunjung dapat berkunjung ke lokasi dengan tiket seharga Rp30.000 yang bisa dibeli secara online.
Informasi dan pembelian tiket dapat dilakukan melalui website www.muslimlifefair.com atau Instagram muslimlifefair.id. Pembelian tiket dari 22-26 Mei 2024 akan mendapatkan diskon Rp20.000. Rundown acara akan diunggah di media sosial secara detail.
Muslim LifeFair diharapkan menjadi one-stop solution bagi UMKM dalam meningkatkan brand awareness. Di lokasi pameran, tersedia fashion & aksesoris muslim, produk bayi & anak, halal tour & travel, kuliner halal, pendidikan islami, halal beauty & care, dan multiproduk.
Program-program yang diadakan meliputi kelas bisnis, konsultasi perencanaan keuangan, kajian asatidz, kajian anak & storytelling, jual beli hewan qurban, business matching, kidz area activity, cek kesehatan gratis, fun walk, tebus murah dari Rp5.000 hingga Rp25.000, flash sale discount hingga 75%, dan program ta’aruf offline.