Iptek  

Politeknik Negeri Jakarta Gelar PBL Expo 2023

Beritakota.id, Depok- Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) menggelar PBL EXPO x Competitive Fund 2023 di Aula Perpustakaan PNJ lantai 3, kawasan Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Rabu (18/10/2023).

Kegiatan PBL EXPO 2023 merupakan kegiatan perdana atau baru pertama kali digelar dengan memperlihatkan atau mempublikasikan karya-karya oleh mahasiswa PNJ, ungkap Ketua Pelaksana, Novi Purnama Sari, S.T., M.Si,.

“Selain pameran, kami juga mengadakan seminar bersama narasumber yang sudah ahli dibidangnya, workshop PBL yang dipaparkan oleh Mahasiswa yang mengerjakan project tersebut serta ada juga sosialisasi beasiswa,” tambah Novi.

Expo perdana yang diikuti 8 stand dari berbagai jurusan dan 14 booth vendor dari eksternal menurut rencana akan dilaksanakan setiap tahun. Tujuannya untuk memberikan rasa percaya diri kepada mahasiswa bahwa mereka bisa dan mampu menghasilkan produk hasil dari PBL.

“Tujuannya untuk memberikan pengalaman atau pengetahuan lebih mendalam tidak teori tetapi juga praktek di lapangan dengan berkolaborasi berbagai bidang ilmu, sehingga mahasiswa benar-benar merasakan pengimplementasi ilmu itu dengan praktek langsung yang menghasilkan karya-karya terbaik,” katanya.

Project Based Learning (PBL) merupakan metode pembelajaran sistematis yang melibatkan mahasiswa dalam mempelajari pengetahuan penting dan 21st Century Skills melalui sebuah real-world project yang terstruktur, kompleks dan otentik. Metode ini fokus pada pemberian tugas atau proyek kepada mahasiswa untuk mengembangkan pemahaman mereka tentang materi pelajaran tertentu melalui pengalaman praktis.

Pendekatan ini berbeda dari pembelajaran konvensional yang seringkali lebih terpusat pada kuliah, bacaan, atau pelajaran teoritis. 21st Century Skills, mengacu pada sekumpulan kemampuan, pengetahuan, dan karakteristik pribadi yang dianggap penting untuk berhasil dalam dunia yang terus berubah dan berkembang pada abad ke-21.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Direktur Bidang Akademik Nunung Martina, S.T., M.Si sebagai penanggung jawab acara menjelaskan bahwa dari segi pimpinan bahwa Project Based Learning ini ada peraturannya.

“Jadi Direktur PNJ lakukan perjanjian atau kontrak dengan direktorat jenderal vokasi. Dari kontrak kinerja itu ada 8 Indikator Kinerja Utama (IKU) sesuai keputusan Menteri No 210 tahun 2023 bahwa PBL ini masuk IKU yang ke-7 terkait dengan berapa banyak mata kuliah yang menerapkan PBL. Diharapkan pada PBL Expo bisa menghasilkan produk inventaris buat PNJ,” ucapnya.

PNJ memiliki visi untuk menjadi “Politeknik Unggul Bertaraf Internasional Untuk Mendukung Daya Saing Bangsa,” sehingga selalu berupaya untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dan professional sesuai dengan standar kebutuhan industri.

Project Based Learning (PBL) Expo, pameran yang menghadirkan karya-karya inovatif hasil kolaborasi mahasiswa dan mitra industri. Acara ini berlangsung dari tanggal 18 – 20 Oktober 2023. Dalam expo ini, mahasiswa memamerkan beragam proyek yang menggabungkan kreatifitas dan solusi teknologi terkini dari seluruh program studi (prodi) yang ada di PNJ.

Kegiatan ini tidak hanya memiliki dampak internal di kalangan mahasiswa dan kampus, tetapi juga memiliki hubungan erat dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang digagas oleh pemerintah yang memungkinkan mahasiswa berpikir kritis dan kreatif dalam menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi. Selain internal PNJ, acara ini melibatkan mitra industri, siswa-siswi SMK/SMA se-Jabodetabek serta narasumber teknik/non-teknik yang memberikan pemaparan materi yang menarik serta motivasi kepada para audience.

“PBL Expo ini bisa terlaksana karena semua program study memiliki kerjasama dengan mitra industri. Di mana mitra itu juga ikut merancang kurikulum, kemudian semua mahasiswa terlibat dalam magang kerja dan berkomunikasi dengan industri untuk mengidentifikasi kebutuhan industri bisa dijadikan project dari sisi mahasiswa dari segi studynya namun menghasilkan produk dan bisa juga dimanfaatkan oleh industri,” ungkap Dewi Liliana, Wakil Direktur Bidang Kerja Sama PNJ.

Melalui penyelenggaraan PBL Expo x Competitive Fund 2023, PNJ berkomitmen untuk terus mendorong perkembangan inovasi di kalangan mahasiswa, memberikan wadah bagi ide-ide kreatif, dan menjalin kemitraan yang kokoh dengan industri untuk kemajuan bersama

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *