Yuk Daftar Mudik Gratis Lebaran 2022 dari Kemenhub

Beritakota.id, Jakarta – Kementerian Perhubungan (Kemenhub), melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat), kembali menghadirkan program mudik gratis untuk Lebaran 2022.

Pendaftaran program mudik gratis tersebut pun telah dibuka oleh Kemnhub sejak 9 April 2022 sampai kuotanya terpenuhi.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi menyebutkan, setidaknya ada 350 unit bus untuk 10.500 penumpang untuk mudik gratis tahun ini.

“Sebagaimana arahan Bapak Menteri Perhubungan, kami diminta untuk menyiapkan mudik gratis bagi masyarakat umum, terutama yang akan pulang kampung dengan sepeda motor,” kata Budi dalam keterangannya, beberapa waktu lalu.

Cara Daftar Mudik Gratis 2022 Kemenhub
Meskipun menggunakan sistem kuota, program mudik gratis dari Kemenhub kali ini tetap memiliki batas waktu pendaftaran, yaitu pada 24 April 2022 nanti.

Oleh sebab itu, masyarakat yang berminat dalam program mudik gratis Kemenhub, diimbau untuk segera mendaftarkan dirinya.

Terlebih, pendaftaran program mudik gratis Kemenhub terbilang cukup mudah karena bisa dilakukan secara online dengan cara berikut ini.

Buka situs mudikgratishubdat.dephub.go.id
1. Klik tombol ‘Daftar Mudik’ di bagian bawah halaman utama situs tersebut
2. Lalu akan muncul pesan pop-up yang berisi syarat dan ketentuan program mudik gratis 2022 dari Kemenhub. Baca seluruh isinya dan jika setuju untuk mengikutinya, klik tombol ‘Lanjut Daftar’
3. Selanjutnya, calon peserta mudik gratis akan diarahkan ke halaman ‘Data Peserta’, isi semua identitas diri yang dibutuhkan seperti nama lengkap, NIK, nomor ponsel yang aktif, status 4.vaksinasi Covid-19, dan jumlah penumpang
Jika mendaftar program mudik gratis untuk lebih dari satu orang, maka data penumpang lainnya juga perlu dimasukkan
5. Setelah semua data penumpang terisi, klik tombol ‘Kirim Data Peserta’
6. Langkah berikutnya adalah pemilihan jadwal dan lokasi keberangkatan, kota tujuan, dan tipe mudik yang terdiri atas dua pilihan, yakni mudik saja atau mudik balik
7. Usai menekan tombol ‘Kirim’ di halaman sebelumnya, kemudian akan muncul QR Code yang mesti disimpan oleh peserta mudik gratis karena itu menjadi bukti pendaftarannya
8. Terakhir, periksa kembali data yang telah diinput tadi dengan menekan tombol ‘Lihat Detail Pendaftaran’

Adapun, jadwal keberangkatan peserta mudik gratis Kemenhub terbagi menjadi dua hari, 28-29 April 2022.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *