Beritakota.id, Jakarta – Fenomena coffee shop telah berkembang pesat, bukan lagi sekadar tempat untuk menikmati kopi dan makanan, melainkan juga pusat interaksi sosial, bahkan lokasi strategis untuk aktivitas bisnis seperti rapat dan pekerjaan administratif. Adaptasi terhadap kebutuhan pelanggan menjadi krusial bagi pemilik coffee shop, terutama bagi jaringan toko yang luas, yang dituntut untuk senantiasa mengadopsi teknologi digital demi efisiensi operasional dan kepuasan pelanggan.
Ada sejumlah digitalisasi yang dapat dilakukan pada sebuah coffee shop untuk meningkatkan layanan mereka. Sistem Pemesanan, dengan mengembangkan platform pemesanan online, pelanggan dapat memesan kopi dan makanan sebelum tiba di kafe. Hal ini signifikan dalam mengurangi waktu tunggu dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Kedua adalah sistem pembayaran dengan menggunakan metode pembayaran digital, seperti kartu kredit/debit dan aplikasi pembayaran seluler, dapat meningkatkan efisiensi transaksi dan meminimalkan risiko kesalahan. Ketiga sistem pemasaran, digitalisasi membantu pemasaran produk secara komprehensif, dengan kemampuan kustomisasi penyebaran informasi dan komunikasi kepada pelanggan.
Baca juga : Solusi Digital Telkom Mendorong Bisnis UMKM
“Kami melihat bahwa edukasi adalah kunci utama dari transformasi digital UKM. Indibiz hadir bukan hanya menawarkan produk, tapi juga mendampingi mereka melalui ruang belajar yang kami desain untuk bisa langsung merasakan manfaatnya. Kami ingin pelaku usaha merasa solusi digital itu dekat, nyata, dan bisa langsung digunakan,” ujar Reni Yustiani, OVP Enterprise Marketing & Regional Management Telkom dalam keterangan resminya, Kamis (26/6/2025).
Indibiz Ruko menawarkan beragam benefit yang mendukung adopsi solusi digital. Adopsi solusi digital terbukti dapat meningkatkan efisiensi usaha pertokoan, menyederhanakan operasional bisnis, dan pada akhirnya, meningkatkan kepuasan pelanggan. Dengan mengintegrasikan teknologi digital, diharapkan usaha dapat meningkatkan penjualan, membangun loyalitas pelanggan, dan menciptakan keunggulan kompetitif di pasar.
Solusi digital ini akan mengefesiensikan pengelolaan operasional seperti transaksi penjualan, stok barang, dan laporan keuangan dengan akurat dan efisien. Indibiz memberikan dashboard yang terintegrasi: Hal ini dapat memudahkan jangkauan ke ribuan pelanggan, pemantauan kampanye, dan pengelolaan komunikasi dari berbagai platform media sosial melalui dashboard terintegrasi. tentu saja ini semua dapat dilakukan dengan dukungan internet yang cepat dan stabil mendukung operasional bisnis, meningkatkan produktivitas, serta membuka peluang perluasan pasar dan layanan pelanggan.
Menurut Reni Yustiani, “Selain sektor pertokoan, pelaku bisnis di sektor perbengkelan hingga small office home office (SOHO) juga dapat memanfaatkan solusi digital dari Indibiz Ruko Telkom Indonesia.” (Herman Effendi)